Miguel Oliveira Bikin Kejutan di MotoGP Styria 2020

Berita Otomotif

Miguel Oliveira Bikin Kejutan di MotoGP Styria 2020

SPIELBERG – Miguel Oliveira berhasil mencatatkan kemenangan pertamanya di MotoGP setelah memenangkan balapan di sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Pembalap asal Portugal ini mengambil keuntungan di tikungan terakhir setelah mendapat celah dari persaingan Pol Espargaro dan Jack Miller. Ia melintasi garis finish di MotoGP Styria 2020 dengan memanfaatkan kesalahan dua pembalap di depannya. Valentino Rossi kembali menjadi pembalap terbaik Yamaha karena berhasil masuk 10 besar, sementara Maverick Vinales mengalami rem blong yang hampir merenggut nyawanya.

Jalannya balap

Memulai balapan dari posisi terdepan, Pol Espargaro melakukan start dengan mulus. Ia langsung mengambil alih posisi terdepan saat memasuki tikungan pertama (R1). Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, karena beberapa pembalap non unggulan justru tampil ciamik seperti Joan Mir dan Takaaki Nakagami.

Mir bahkan mengambil alih pimpinan dan perlahan-lahan menjauh dari para pesaingnya. Sementara Miller masih berjibaku dengan Nakagami dan Espargaro. Yamaha kembali dirundung masalah karena para pembalapnya terlihat kalah bersaing.

Puncaknya dialami oleh Vinales yang tiba-tiba kehilangan rem depan di trek lurus. Dengan sigap Ia melompat dari motornya yang tengah melaju sangat kencang. Vinales terseret hingga ke pinggir lintasan, sementara motornya melaju terus hingga menabrak pembatas lalu terbakar. Atas kejadian ini, Race Direction memutuskan untuk mengibarkan bendera merah.
Miguel Oliveira Menang
Balapan dihentikan hingga situasi kondusif dan para pembalap masuk kembali ke pit. Mir yang telah memimpin balapan cukup jauh, terlihat kesal harus menunda kemenangan pertamanya yang sudah di depan mata.

Setelah situasi kondusif, para pembalap kembali masuk trek dan bersiap melanjutkan lomba. Pol kembali melakukan start luar biasa dan memimpin barisan. Miller yang menggunakan ban kompon soft baru, memberikan perlawanan sengit.

Sementara Mir salah menerapkan strategi ban pada balapan kedua. Kombinasi ban medium – medium bekas pakai, membuatnya kehilangan ritme. Kondisi serupa (salah pilih ban) juga dialami Pol yang mulai kedodoran.

Oliveira memanfaatkan kondisi tersebut dengan melaju mulus ke barisan terdepan. Hingga lap terakhir, terdapat tiga pembalap yang memperebutkan posisi terdepan. Namun hanya Pol dan Miller yang memberikan pertarungan seru.

Miller melakukan manuver berani untuk menyingkirkan Pol dari podium tertinggi. Dengan melakukan pengereman jarak dekat, pembalap tim Pramac Ducati tersebut terus memberikan blokade rapat.

Celakanya persaingan kedua pembalap di atas justru merugikan mereka. Upaya Miller masuk dari sisi terdalam dan melakukan pengereman keras, membuat Pol keluar batas trek dan dirinya sempat mengalami slip. Hal ini memudahkan Oliveira masuk dan memenangkan balapan pertamanya di MotoGP.
Miguel Oliveira Menang
Kemenangan Oliveira sendiri sekaligus menjadi penyelamat muka KTM karena bisa memenangkan balapan di kandangnya sendiri (Austria). Pada seri sebelumnya yang digelar di sirkuit sama, KTM nyaris memenangkan balapan melalui Pol. Sayang bendera merah menghancurkan mimpinya. [Dew/Ari]

Hasil MotoGP Styria 2020

  • Miguel Oliveira Red Bull Ring Tech3
  • Jack Miller Pramac Ducati
  • Pol Espargaro Red Bull KTM Factory
  • Joan Mir Suzuki Ecstar
  • Andrea Dovizioso
  • Alex Rins Suzuki Ecstar
  • Takaaki Nakagami LCR Honda
  • Brad Binder Red Bull KTM Factory
  • Valentino Rossi Monster Yamaha
  • Iker Lecuona


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar