Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2 Diklaim Terbaik di Kelasnya

Berita Otomotif

Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2 Diklaim Terbaik di Kelasnya

JAKARTA – Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2-liter diklaim mampu mencapai hampir 20 km per liter. Ada pula keunggulan lain soal tenaga maupun getaran.

Rocky 1.2-liter resmi dijual di Indonesia pada Kamis (17/6/2021). Adapun kisaran harganya pada masa diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) tahun ini antara Rp 100 – 200 jutaan.

Sebelumnya, pada 30 April 2021, model flagship-nya yakni Rocky 1.0 turbo mengaspal terlebih dahulu dengan fitur – fitur lebih lengkap dan lebih canggih.

Daihatsu Rocky

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan beberapa kelebihan Rocky 1.2-liter dari sisi teknis khususnya mengenai kemampuan mesin 3 silinder hasil pengembangan terbaru pabrikan tersebut. Berikut ini tiga kelebihan yang ia sebutkan dalam konferensi pers virtual:

1. Konsumsi BBM Terbaik di Kelasnya

Anjar mengklaim efisiensi BBM Rocky 1.2-liter sebagai yang terbaik di kelasnya. Daihatsu mengatakan hasil pengujian mereka di berbagai situasi jalan di Indonesia menunjukkan hasil yang impresif.

“Pencapaian (konsumsi BBM) Rocky 1.2-liter ini bisa 18 – 19 km per liter,” aku dia.

2. Peningkatan Tenaga dan Responsivitas di Tanjakan

Meski irit, Daihatsu mengklaim mampu mempertahankan responsivitas mesin 1.2-liter termutakhir mereka pada Rocky. Kemampuan mumpuni mesin berkapasitas kecil ini tak hanya di jalanan landai, tapi juga tanjakan.

“Kami sudah melakukan pengujian – pengujian di beberapa kondisi tanjakan yang terkenal dengan sudut elevasinya. Misalnya saja di Jalan Dago Pakar, Bandung; tanjakan Cangar, Malang; dan tanjakan Kamojang, Garut,” tandas Anjar.

Gelontoran tenaga dari mesin 1.2-liter Rocky lebih besar daripada model lain berkapasitas mesin sama yakni Daihatsu Sigra. Ini karena mesin yang dipakai keduanya memang berlainan.

Mesin milik Rocky memproduksi daya lebih besar daripada kepunyaan Sigra. “Secara bobot, ini (mesin Rocky) jauh lebih ringan daripada Sigra,” tambah Anjar mengenai diferensiasi lainnya.

3. Lebih Minim Getaran

Meski berkonfigurasi tiga silinder, mesin Daihatsu Rocky 1.2-liter diklaim minim getaran. Banyak penyempurnaan yang dilakukan seperti pada keseimbangan internal mesin maupun peredaman.

Rocky 1.2-liter sudah bisa dipesan secara resmi di dealer - dealer Daihatsu mulai 17 Juni 2021. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar