Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kemenhub Minta Pemudik Istirahat di Luar Tol Trans Jawa

Berita Otomotif

Kemenhub Minta Pemudik Istirahat di Luar Tol Trans Jawa

CIREBON – Kementerian Perhubungan meminta para pemudik di tol Trans Jawa tidak terpaku pada rest area yang tersedia di jalan tol.

Pihaknya menghimbau agar pengguna jalan tol menghindari kepadatan di rest area jalan tol dengan juga memanfaatkan rest area di jalan arteri atau menikmati destinasi wisata di sekitarnya. Dengan demikian kepadatan di jalan tol dapat lebih mudah terurai.

“Kami mendorong masyarakat agar tidak hanya menggunakan rest area di tol. Istirahat pun bisa dilakukan dengan menuju ke gerbang keluar terdekat,” ungkap Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Meski demikian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk tetap melakukan persiapan menghadapi musim mudik 2019 dengan mengoptimalkan seluruh rest area yang mereka miliki. Optimalisasi layanan tersebut mencakup penambahan fasilitas hingga petugas di lapangan.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan toilet untuk penyandang disabilitas. Toilet untuk penyandang disabilitas tersebut akan tersedia di tujuh titik, empat di antaranya sudah rampung dibangun dan sisanya masih dalam tahap pembangunan. Keempat toilet tersebut terdapat di Rest Area 207 A, 519 A, 597 A dan 597 B. Toilet untuk disabilitas di Rest Area 725 A, 575 A dan 575 B masih dalam tahap pembangunan.

Jasa Marga juga akan menghilangkan sejumlah Gerbang Tol tertentu. Dengan kebijakan ini maka Gerbang Tol hanya akan dijumpai di wilayah Cikampek, Semarang dan Surabaya pada rangkaian Jalan Tol Trans Jawa yang telah tersambung. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang