Pemerintah Siapkan Puluhan Rest Area untuk Tempat Istirahat Pemudik

Berita Otomotif

Pemerintah Siapkan Puluhan Rest Area untuk Tempat Istirahat Pemudik

JAKARTA - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyediakan puluhan rest area yang tersebar di jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Sedikitnya ada 75 unit rest area di jalan tol Trans Jawa yang tersebar di setiap titik pemberhentian dari Merak hingga Surabaya. Rest Area tersebut terbagi menjadi 32 rest area Tipe A, 22 rest area Tipe B, dan 21 rest area Tipe C.

Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang Rest Area yang terdapat di Trans Sumatera. Saat ini baru tersedia 14 Rest Area Tipe C yang terdapat di Tol Trans Sumatera yakni di ruas Bakauheni - Terbanggi Besar terdapat  6 rest area, ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung terdapat 6 rest area  dan di ruas Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi terdapat 2 rest area.

Untuk rest area Tipe A, dilengkapi  dengan  fasilitas  umum meliputi Pusat Anjungan Tunai Mandiri dengan  fasilitas isi  ulang kartu tol,  toilet,  klinik  kesehatan,bengkel,  warung atau kios, minimarket, mushola, stasiun pengisian bahan bakar umum  (SPBU), restoran, ruang  terbuka hijau dan sarana tempat parkir.

Untuk Rest area Tipe B dilengkapi  dengan  fasilitas  umum  meliputi Pusat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan fasilitas isi ulang kartu tol, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau dan sarana tempat parkir.

Sedangkan rest area Tipe C fasilitas umum meliputi toilet,warung atau kios, mushola dan sarana  tempat  parkir yang bersifat sementara. Untuk rest area Tipe C hanya dioperasikan pada masa libur panjang, libur lebaran/natal dan tahun baru.

Kemudian, terkait ketersediaan bahan bakar (BBM) Kementerian PUPR Bersama BUJT juga bekerjasama dengan PT. Pertamina dalam memberikan pelayanan pengisian bahan bakar kendaraan disetiap titik rest area tipe A, B, dan C pada gerai utama SPBU dan SPBU Mobile yang dimulai sejak tanggal 27 Mei hingga 10 Juni 2019. Bahan bakar yang telah disiapkan nantinya melayani para pemudik guna menghindari kesulitan saat melakukan pengisian bahan bakar di rest area. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar