Keluhan Idle Up Mitsubishi Xpander Siap Ditangani Bengkel Resmi

Berita Otomotif

Keluhan Idle Up Mitsubishi Xpander Siap Ditangani Bengkel Resmi

JAKARTA – Bengkel-bengkel resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia telah siap menangani keluhan idle-up Mitsubishi Xpander mulai kuartal kedua.

Permasalahan idle up pada Xpander muncul ke publik tak lama setelah low multi purpose vehicle (LMPV) itu meluncur di Indonesia pada 10 Agustus 2017. Meski tak semua unit mengalaminya, jumlah konsumen yang menyinggungnya di akun klub resmi Xpander di Facebook juga tak sedikit.

Sebagai informasi, idle up adalah peristiwa naiknya putaran mesin dengan sendirinya meski pedal gas tidak ditekan. Head of Technical Service Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto menjelaskan hal ini bisa terjadi karena adanya masalah pada program komputer Xpander.

“Sesuai janji kami, pada kuartal kedua bengkel resmi di dealer-dealer Mitsubishi sudah siap melakukan pembaruan pada program komputer Xpander. Dari akhir Maret sudah siap di seluruh Indonesia, jadi seluruh konsumen yang enggak nyaman dengan idle up bisa datang ke dealer,” papar Boediarto di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Di pameran otomotif ini, Mitsubishi membawa seluruh model kendaraan penumpang mereka. Pabrikan asal Jepang tersebut juga meluncurkan dua model yaitu Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition plus Triton Athlete.

Lebih lanjut, Mitsubishi menyarankan para pemilik Xpander sebelum ke bengkel melakukan terlebih service booking terlebih dahulu. Hal tersebut bisa mengantisipasi antrian dan masa tunggu panjang.

“Dari pengamatan kami di media sosial, umumnya orang-orang yang sudah memperbarui program komputer Xpander merasa puas dan senang,” aku Boediarto.

Meski didera isu idle up, pemesanan Xpander sendiri tetap berjalan melebihi ekspektasi Mitsubishi. Sejak diluncurkan hingga Maret kemarin, jumlah pemesanan diklaim lebih dari 60 ribu unit. Distribusinya sendiri baru sekitar 50 persennya karena pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi baru resmi dibuka pada April 2017 sehingga butuh waktu agar mampu beroperasi maksimal.

Xpander pada Mei nanti bakal naik harga untuk yang ketiga kalinya tahun ini sebesar Rp2,8 – 3 juta akibat dihapusnya subsidi pembayaran Bea Balik Nama (BBN). Adapun nominal kenaikan harga pada dua kesempatan sebelumnya secara total mencapai Rp 5 juta. Saat ini, banderol on-the-road Jakarta Xpander ialah Rp 194,1 – 250,4 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual