Harga Mitsubishi Xpander Akan Naik Lagi Awal Mei

Berita Otomotif

Harga Mitsubishi Xpander Akan Naik Lagi Awal Mei

JAKARTA – Harga Mitsubishi Xpander bakal meningkat lagi pada awal Mei karena subsidi untuk pembayaran Bea Balik Nama (BBN) yang sebelumnya ditanggung oleh pabrikan asal Jepang tersebut akan dihilangkan.

Head of Sales and Marketing Group PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya menjelaskan bahwa subsidi BBN mulai 1 Mei bakal dibebankan ke konsumen. Adapun jumlahnya berkisar Rp 2,8 – 3 juta.

“Jadi, awalnya kami memberikan apresiasi ke konsumen yang telah menunggu dengan memberikan subsidi BBN yang ditanggung Mitsubishi. Tapi, sekarang waktu inden sudah tersosialisasikan ke konsumen dan mereka sudah mengetahui. Maka pelan-pelan subsidi itu kami cabut,” ujar Imam di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Senin (23/4/2018) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Xpander, setelah diluncurkan pada 10 Agustus, memang menghadapi pemesanan dengan jumlah di luar ekspektasi. Akibatnya, pabrik baru Mitsubishi di Cikarang, Bekasi tidak sanggup memenuhi permintaan sehingga inden Xpander bisa berlangsung enam bulan atau lebih. Bahkan, Mitsubishi mengakui masih ada pemesan Xpander dari akhir 2017 yang belum mendapatkan unit.

“Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) total mungkin sekarang sudah lebih dari 60 ribu unit dan pengiriman telah mencapai 50 persen,” ungkap Imam.

Lebih lanjut, kenaikan banderol pada awal Mei bakal menjadi yang ketiga kalinya bagi low multi purpose (LMPV) itu selama 2018. Adapun dua kenaikan harga sebelumnya dilakukan pada kuartal satu dengan total penambahan mencapai Rp 5 juta.

“Sebenarnya kenaikan harga ini merupakan lanjutan penyesuaian yang sudah kami lakukan sebelum-sebelumnya. Agar konsumen tak kaget penyesuaiannya terlalu tinggi, makanya sedikit demi sedikit sempat naik di awal kemarin,” tambah Imam.

Sebagai informasi, harga on-the-road Jakarta Xpander sekarang adalah Rp 194,1 – Rp 250,4 bagi keenam variannya. Ketika baru meluncur, pemimpin pasar LMPV di kuartal satu 2018 ini dilego Rp 189,05 – Rp 245,35 juta. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar