Mitsubishi Xpander Sementara Kalah Laku Dibanding Pajero Sport di IIMS 2018

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Sementara Kalah Laku Dibanding Pajero Sport di IIMS 2018

JAKARTA – Mitsubishi Xpander sementara ini bukan penyumbang penjualan terbesar bagi Mitsubishi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 karena hingga Minggu (22/4/2018) kemarin masih kalah tipis dengan Pajero Sport.

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengawali 4 hari di IIMS 2018 dengan beberapa catatan penjualan. Seperti yang disampaikan langsung oleh Head of Sales and Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya, sampai kemarin (minggu 22/4/2018) pihaknya berhasil mengumpulkan surat pemesanan kendaraan (SPK) 799 unit.

“Pada Kamis, setengah harinya habis untuk seremoni pembukaan dan penjualan baru efektif di hari kedua. Adapun target kami untuk IIMS 2018 sebanyak 2.000 unit,” kata Imam

Yang menarik, menurut Iman kontribusi penjualan terbanyak ternyata disumbangkan oleh Pajero Sport dengan raihan 383 unit. Sementara Xpander yang saat ini menjadi volume maker MMKSI baru terpesan 368 unit, sehingga kedua model ini memiliki selisih jumlah SPK sebanyak 15 unit.

Double cabin Triton berada di belakang keduanya dengan membukukan 30 unit. Sebanyak 18 unit sisanya dibagi rata antara Mirage dengan Outlander Sport.

Head of Sales and Marketing Department Region 1 MMSKI Budi D. Daulay menilai kehadiran Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition, yang baru diluncurkan di hari pertama pameran dan sudah terjual 112 unit, menjadi penyebab kontribusi signifikan Pajero Sport sejauh ini. Namun, ia memprediksi bahwa penjualan Xpander masih bisa menyalip karena pameran masih bakal berlangsung hingga akhir pekan nanti.

“IIMS ini momennya juga cukup tepat karena mendekati Lebaran Juni mendatang. Tinggal April dan Mei,” tambahnya.

Ia berharap IIMS 2018  dapat menyumbang volume penjualan sebesar 50 persen dari transaksi jual-beli bulanan yang biasa dikumpulkan Mitsubishi untuk area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Pameran otomotif seperti IIMS dikatakan Budi sebagai kesempatan tepat bagi para tenaga penjualan untuk ‘kejar bola’ di lapangan.

Menariknya, porsi pembelian tunai di IIMS 2018  lebih besar jika dibandingkan dengan komposisi pembelian di luar pameran. Artinya, Mitsubishi berhasil memancing para konsumen dengan daya beli relatif kuat. Di empat hari pertama IIMS kali ini, sekitar 50 persen pembeli membayar dengan kas.

“Umumnya di Jabodetabek porsi tunai 30-35 persen. Sebanyak 65-70 persennya kredit,” beber Budi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual