Jualan Motor Sport Yamaha Naik Berkat dua Model Ini

Berita Otomotif

Jualan Motor Sport Yamaha Naik Berkat dua Model Ini

JAKARTA – Yamaha Indonesia mencatat adanya kenaikan penjualan produk-produk model sport.

Pangsa pasar motor jenis sport di Indonesia terus mengalami penurunan. Terutama dengan hadirnya motor-motor jenis skutik yang lebih simpel digunakan sehari-hari. Model motor skutik di pasaran juga teru berkembang mulai dari kapasitas mesin yang paling kecil hingga paling besar sekalipun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa skutik lebih efisien untuk dijadikan moda transportasi sehari-hari atau komuter. Terus berkembangnya pangsa pasar motor skutik, menggerus pangsa pasar motor jenis lain seperti bebek dan sport.

Motor bebek merupakan jenis kendaraan yang paling parah tergerus pasarnya. Sementara model-model sport masih memiliki penggemar setianya, khususnya di daerah. Beberapa pengembangan dilakukan untuk membangkitkan minat konsumen.

“Demandnya ada walaupun tidak sebesar dulu, tetapi melihat progres penjualannya itu meningkat sebenarnya meski tidak drastis. Artinya peminatnya banyak, namun dibandingkan matik ya jauh, kelihatan kok dari hasil penjualan,” ucap Antonius Widiantoro, Manager of Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta, Kamis, 06 Nopember 2020.

Belakangan ini, beberapa pabrikan motor melakukan inovasi dengan menawarkan motor jenis sport bergaya klasik. Model ini cukup berhasil menarik minat konsumen di Tanah Air. Pilihannya juga cukup banyak, mulai dari kapasitas mesin 150 cc hingga masuk ke dalam kategori moge 1.000 cc ke atas.

Bicara volume motor sport model klasik, Kawasaki mendobrak pasar dengan menawarkan W175. Kuda besi ini mendapat respon cukup positif dari konsumen. Langkah ini juga dilakukan oleh Yamaha dengan menghadirkan XSR155 di Indonesia. Keduanya bersaing mendapatkan konsumen yang ingin tampil berbeda dengan pengguna motor lainnya.

“Kalau di Yamaha, dengan hadirnya XSR155 dan WR 155R penjualan tipe sportnya meningkat. Ternyata motor sport itu tidak harus full fairing dan naked. Tapi ada juga sport lain yang bisa mewakili karakter mereka penyuka sport. Shiftingnya dari vixion ke XSR155 atau WR155R,” ucap Antonius Widiantoro, Manager of Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Jakarta, Kamis, 06 Nopember 2020.
Yamaha WR 155R
Menurutnya penjualan XSR155 menjadi salah satu model sport yang penjualannya paling bagus. Dengan minim kompetitor sekelas, kendaraan yang menggunakan basis dari R15 tersebut mampu berbicara banyak dalam hal penjualan.

“XSR yang memang cukup kelihatan, karena kompetitornya tidak banyak cuma Kawasaki dan produk kami lebih disukai. Sementara WR jika dibandingkan dengan kompetitor kami masih pemain baru. Prosesnya adalah kami coba mengenalkan kepada masyarakat namun saat ini masih terkendala covid-19,” jelasnya kemudian.

Sayangnya Ia tidak bersedia untuk menjelaskan berapa detail kenaikan penjualan unit-unit sportnya tersebut di atas. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar