Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jokowi Pastikan Ibu Kota Baru Hanya Gunakan Mobil Otonom dan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Jokowi Pastikan Ibu Kota Baru Hanya Gunakan Mobil Otonom dan Mobil Listrik

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa ibu kota baru hanya akan menggunakan mobil otonom dan mobil listrik.

Hal ini Ia sampaikan di sela-sela Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan Tahun 2020. Kendaraan tersebut diyakini sesuai dengan konsep Ibukota yaitu konsep gagasan Nagara Rimba Nusa yang hijau dan ramah lingkungan.

"Sangat hijau, green city, smart city, compact city, autonomous city. Karena yang kita gunakan nanti autonomous vehicle dan electric vehicle di kota, selain itu tidak boleh," kata ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa kendaraan otonom dan kendaraan bertenaga listrik bisa memberi reputasi positif pada ibu kota. Bahkan menurutnya ibu kota baru ini nantinya akan bertaraf internasional dan akan menjadi sebuah lompatan bangsa.

Jokowi pun mengingatkan bahwa pindahnya ibu kota bukanlah untuk memindahkan bangunan dan lokasi semata. Namun, dengan perpindahan ibu kita juga ada perubahan pola pikir, pola kerja dan sistem secara menyeluruh.

"Yang ingin kita pindahkan nanti adalah sebuah perubahan pola pikir, perubahan pola kerja, perubahan sistem yang semuanya akan baru. Jangan berpikir bahwa kita ingin memindahkan lokasi atau gedungnya. Tidak seperti itu," kata Presiden.

Penuh Tantangan
Cita-cita yang besar memang harus dicapai dengan beragam persiapan. Demikian pula kesiapan infrastruktur dalam mengembangkan mobil listrik dan mobil otonom. Meski sejumlah pabrikan menegaskan bahwa mereka siap untuk meluncurkan mobil bertenaga listrik, kesiapan pengisian daya di Indonesia terbilang sangat minim.

Bahkan Rida Mulyana, Direktur Jendral Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahwa pihaknya akan lebih fokus untuk membangun Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di pulau Jawa dan Bali. Padahal ibu kota baru berada di Kalimantan.

Tak hanya itu, Pemerintah juga harus memberikan sejumlah edukasi terkait kendaraan listrik agar masyarakat bisa menerima teknologi tersebut saat kebijakan mulai digalakkan. Sejumlah keuntungan harus diberikan agar program bisa diterima dengan baik.

Hal ini juga harus dibarengi dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. Mobil otonom adalah kendaraan yang dapat melaju tanpa pengemudi dan mengandalkan sensor serta rambu lalu lintas, tentu akan menjadi sangat berbahaya bila masih banyak orang menyebrang sembarangan atau berkendara secara ugal-ugalan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang