Gara-gara Joan Mir, GSX Semakin Banyak Pilihan Livery

Berita Otomotif

Gara-gara Joan Mir, GSX Semakin Banyak Pilihan Livery

LONDON – Suzuki meluncurkan GSX-R1000R edisi khusus para juara dunia dan legenda.

Keberhasilan Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020, berbuah manis untuk banyak pihak. Tidak hanya mengangkat derajat sang pembalapnya sendiri, kemenangan yang dinantikan selama puluhan tahun ini menghadirkan peluang bagi dealer-dealer Suzuki di banyak negara.

Salah satu yang memanfaatkan momentum ini adalah Suzuki Eropa yang meluncurkan GSX-R1000R edisi para juara dunia. Setidaknya terdapat tujuh livery juara dunia yang bisa dipilih oleh para calon konsumen.

Brand berlambang S ini tercatat telah meraih gelar juara dunia sebanyak tujuh kali, di ajang MotoGP mulai dari kelas 500 cc (2-tak) hingga MotoGP 4-tak seperti saat ini. Edisinya meliputi Barry Shene (tahun 76 – 77), Marco Lucchinelli (tahun 81), Franco Ucini (82), Kevin Scwantz (93), Kenny Roberts Jr (2000) dan Joan Mir (2020).

Calon konsumen Suzuki GSX-R1000R bisa memilih salah satu livery para peraih gelar juara dunia tersebut di atas. Motor sport ini dipasarkan dengan kondisi lengkap berikut beberapa skema grafis kemenangan khas dari setiap pembalap.

Suzuki GSX-R1000R edisi khusus ini juga dipasarkan tidak hanya menggunakan livery dan warna khusus. Namun motor kelas Superbike ini juga dilengkapi dengan pelepas gas buang atau biasa disebut knalpot buatan dari Akrapovic. Selain itu juga dibekali seat cowl yang senada dengan bodi.

Suzuki GSX-R1000R Barry Sheene

suzuki GSX-R1000R Barry Sheene
Pembalap satu ini meraih 5 kemenangan dan satu posisi kedua dalam satu musim. Hasil tersebut sudah cukup untuk dirinya meraih gelar juara dunia GP 500 pada 1976. Pria asal London, Inggris ini memulai karirnya sebagai pembalap profesional sejak berumur 20 tahun.

Ia mengawali balapan dari GP 125 di Spanyol pada 1970. Sheene baru mendapatkan kemenangan pertamanya pada tahun berikutnya di Grand Prix Belgia 1971.

Setelah meraih gelar juara dunia pada 1976, Sheene mengganti livery motornya. Rider kelahiran 11 September 1950 ini kembali meraih gelar juara dunia pada 1977. Ia mencetak enam kemenangan dan satu posisi kedua yang cukup untuk mengantarkannya menjadi juara dunia kedua kalinya. Livery yang digunakan oleh Sheene di kedua musim bisa dimiliki calon konsumen.

Suzuki GSX-R1000 Marco Lucchinelli

suzuki GSX-R1000R Marco
Pembalap asal Bolano, Italia ini merupakan salah satu legenda Suzuki di arena Grand Prix. Pembalap berjuluk Crazy Horse ini meraih gelar juara dunia pada 1981. Ia memenangkan lima balapan pertama di musim 1981 dan dua podium yang membuatnya mendapatkan gelar tersebut. Kemenangan ini menjadi pelepas dahaga bagi Suzuki yang telah puasa gelar selama 4 tahun.

Suzuki GSX-R1000R Franco Uncini

suzuki GSX-R1000R Uncini
Suzuki kembali berjaya di arena Grand Prix balap motor pada musim 1982. Brand yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini berhasil mempertahankan gelar juara dunia melalui Uncini pada 1982. Pria asal Italia ini bahkan menorehkan namanya di Hall of Fame FIM Motor pada 2016.

Suzuki GSX-R1000R Kevin Schwantz

suzuki GSX-R1000R Schwantz
Dari semua pembalap kenamaan Suzuki, Schwantz merupakan yang paling dikenal oleh banyak orang. Ia menjadi ikon dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Paling tidak para pecinta motor pasti mengenal sosok pria asal Amerika Serikat ini.

Schwantz meraih gelar juara dunia pada 1993 setelah 10 tahun absen tanpa titel bagi Suzuki. Pembalap dengan nomor start 34 ini kembali mengharumkan nama Suzuki di kancah balap motor internasional. Ciri khas pada motornya adalah sponsor yang merupakan produsen rokok.

Suzuki GSX-R1000R Kenny Roberts Jr

suzuki GSX-R1000R Roberts
Setelah era Schwantz, Suzuki kembali kehilangan titel cukup lama. Setidaknya mereka membutuhkan waktu hingga 7 musim atau 7 tahun lamanya. Gelar itu kembali hadir melalui Kenny Roberts Jr pada tahun 2000.

Pembalap asal California, Amerika Serikat ini menjadi juara dunia pada saat era Valentino Rossi sudah merajalela. Berbekal konsistensi di barisan terdepan, Roberts berhasil mencetak gelar juara dunia pertama dan satu-satunya tersebut.

Suzuki GSX-R1000R Joan Mir

suzuki GSX-R1000R Mir
Usai hegemoni Roberts berakhir, gelar juara dunia didominasi oleh satu pembalap bernama Valentino Rossi. Lalu pembalap lain seperti Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Casey Stoner, dan Marc Marquez silih berganti menjadi juara dunia MotoGP.

Pada MotoGP 2020 yang paling tidak normal karena pandemi korona, Joan Mir hadir sebagai juara dunia baru. Pembalap asal Mallorca, Spanyol ini menjadi juara dunia MotoGP 2020 dengan satu kali kemenangan dan beberapa podium saja.

Motor-motor edisi khusus tersebut di atas sayangnya hanya dipasarkan di benua Eropa saja. Honda Eropa merupakan inisiator untuk menghadirkan Suzuki GSX-R1000R edisi spesial ini. Hingga saat ini belum ada kepastian langkah ini akan ditempuh oleh Suzuki di negara lain atau tidak. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar