Boss Honda Lirik Joan Mir

Berita Otomotif

Boss Honda Lirik Joan Mir

MALLORCA – Boss Honda Alberto Puig dikabarkan telah memantau potensi Joan Mir sejak lima tahun lalu.

Joan Mir mendadak menjadi bahan pembicaraan karena hadir sebagai salah satu kandidat calon juara dunia MotoGP 2020. Pembalap asal Spanyol tersebut kini memimpin perolehan poin di klasemen sementara. Ia bersaing dengan Fabio Quartararo dan Maverick Vinales dalam perebutan gelar Juara Dunia MotoGP 2020.

Mir sendiri baru mengilap performanya awal musim ini. Secara mengejutkan, kemampuannya di atas lintasan yang tenang dan penuh perhitungan menjadi daya tariknya selama ini. Sebelumnya di tim Suzuki MotoGP, Alex Rins menjadi satu-satunya pusat perhatian karena paling berprestasi.

Jauh sebelum bergabung di tim Suzuki, Mir sempat ditolak oleh banyak tim baik di Moto3 dan Moto2. Padahal calon Juara Dunia MotoGP 2020 ini kerap mencuri perhatian, juga dipantau oleh Alberto Puig yang kala itu menjadi pencari bakat.

“Saya pertama kali bertemu Joan pada 2013. Seorang teman di Mallorca menelpon dan ingin mencari talenta muda berbakat. Lalu saya menghubungi Alberto Puig dan dia menyarankan untuk memperhatikan Joan Mir,” ucap Paco Sanchez, manager Mir seperti dikutip Speedweek.com.
Boss Honda Lirik Joan Mir
Ia mengatakan lebih lanjut bahwa setelah menyudahi musim di tempat kedua pada kejuaraan Red Bull Rookies Cup 2014. Joan Mir ditolak oleh semua tim Moto3 dan Moto2, tidak ada satupun tim yang tertarik dengan pembalap bernama Joan Mir.

Mir maju sebagai pembalap bertalenta namun tidak memiliki uang. Ia juga bukanlah pembalap yang lahir dari orang tua yang kaya raya. Berbekal dengan uang seadanya, Mir masuk ke tim paling miskin di CEV Moto3. Ia juga menggunakan motor 2012 untuk musim 2015 dan bersaing dengan tim besar seperti Alzamora-Monlau dan Ajo Motorsport.

Menggunakan motor bekas, namun Mir mampu memenangkan dua balapan awal di musim 2015. Ia berhasil membuktikan kelasnya dan pada musim depan, Mir mendapatkan kontrak dari tim Leopard-KTM. Bersama Leopard, Mir mampu memenangkan balapan di Austria dan mendaki podium pada beberapa balapan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar