Jawaban Honda Saat Ditanya Peluang City Hatchback Hybrid Masuk Indonesia

Berita Otomotif

Jawaban Honda Saat Ditanya Peluang City Hatchback Hybrid Masuk Indonesia

JAKARTA – Honda menyebut tiap model yang mereka luncurkan di Indonesia harus benar – benar diinginkan oleh pasar. Termasuk untuk City hatchback e:HEV.

City hatchback e:HEV merupakan model hybrid terbaru Honda. Debut globalnya terjadi pada akhir pekan lalu, tepatnya pada 24 Juni 2021.

Negara tetangga Indonesia, Thailand, dipilih sebagai tempatnya meluncur pertama kali di dunia. Harganya di ‘Negeri Gajah Putih’, jika dirupiahkan, bahkan tak sampai Rp390 juta.

Di Indonesia, City hatchback yang dijual sejauh ini hanya yang bermesin konvensional. Model tersebut langsung dirakit di dalam negeri dengan kandungan komponen lokal cukup banyak, sehingga memenuhi syarat mendapatkan insentif PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah).

Tentu saja, kehadiran City hatchback e:HEV di 'tetangga' menimbulkan pertanyaan mengenai potensinya meluncur juga di pasar Nusantara. Apalagi, pemerintah memang ingin mendorong pertumbuhan pasar plus industri kendaraan terelektrifikasi mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai listrik murni dengan memberikan insentif pajak mulai akhir 2021.

Ketika dihubungi dan ditanyakan mengenai hal ini, Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) sayangnya tidak mau menyebut berapa besar kemungkinan City hatchback masuk Tanah Air. Ia hanya menyatakan bahwa pihaknya selalu mempelajari kebutuhan dan keperluan konsumen, sebelum meluncurkan produk baru.

Honda City hatchback e:HEV

“Semua tergantung dari hal itu. Yang pasti, kami akan meluncurkan suatu produk dan teknologi yang benar – benar diinginkan oleh konsumen kita di sini, ya,” ujar Billy via pesan singkat pada Rabu (30/6/2021).

Dapur pacu City hatchback e:HEV memadukan mesin bensin 1.500 cc Atkinson Cycle, DOHC, 4 silinder, 16 katup dengan motor listrik plus baterai lithium ion. Sistem penggerak hybrid inilah alasannya mampu menghasilkan torsi puncak cukup besar untuk ukuran mobil 1.500 cc yaitu 253 Nm  di putaran mesin 3.000 rpm.

Efisiensinya diklaim mampu menyentuh 27 km per liter. Ada pula sistem keselamatan aktif Honda Sensing yang terdiri dari beragam fitur dengan teknologi canggih. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar