Honda City Hatchback Hybrid Debut Dunia di Thailand, ke Indonesia Kapan?

Berita Otomotif

Honda City Hatchback Hybrid Debut Dunia di Thailand, ke Indonesia Kapan?

BANGKOK – Honda City hatchback e:HEV diperkenalkan untuk pertama kalinya secara global di ‘Negeri Gajah Putih’ Thailand. Selain bermesin hybrid, mobil ini juga disertai fitur – fitur canggih.

Debut globalnya, seperti dijelaskan dalam keterangan resmi Honda pada awal pekan ini, terjadi pada 24 Juni 2021 kemarin di Bangkok. Mobil kompak tersebut punya tiga ‘persenjataan’ utama yakni mesin Sport Hybrid i-MMD, teknologi Honda Sensing, plus konfigurasi ULTR Seats.

Dalam Sport Hybrid i-MMD, terdapat mesin bensin 1.5-liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4 silinder 16 katup yang dipadukan dengan baterai lithium ion serta motor penggerak listrik. Kombinasi keduanya menghasilkan torsi puncak 253 Nm pada 3.000 rpm.

Kelebihan lainnya adalah efisiensi yang diklaim bisa melebihi mobil – mobil LCGC (low cost green car) sekali pun yaitu 27 km per liter. Mobil pun lebih ramah lingkungan, dengan produksi emisi 86 gram per km.

tampilan samping Honda City Hatchback e:HEV

Teknologi Honda Sensingnya sendiri berisikan banyak fitur keselamatan aktif. Ada Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Departure Mitigation System (RDM) with Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS) serta Auto High-Beam (AHB).

ULTS Seats, di sisi lain, memungkinkan konfigurasi kursi City hatchback e:HEV diatur dalam empat mode. Selain Utility Mode serta Long Mode, terdapat pula Tall Mode plus Refresh Mode.

Secara tampilan, City hatchback e:HEV diperkaya gril depan gloss black berpadu bemper sporty. Peleknya pun berdesain galak, dengan ukuran 16 inci.

Lampu utama di depan serta belakang sudah menggunakan LED. Demikian pula dengan Daytime Running Light (DRL) serta fog lamp-nya.

Sebagai penanda bahwa ini merupakan mobil hybrid, disematkan logo Honda berwarna krom dengan bingkai biru dan emblem ‘e:HEV’ pada sektor buritan.

Tampilan belakang Honda City hatchback e:HEV

Tidak disebutkan mengenai harganya di Thailand. Akan tetapi, berdasarkan penelusuran, ditemukan bahwa banderolnya 849 bhat atau tak sampai Rp390 juta.

Belum dibeberkan pula, kapan City hatchback e:HEV menjajal pasar otomotif Indonesia yang secara geografis merupakan tetangga dekat dari Thailand. Di pasar otomotif Tanah Air, yang sejauh ini dijual barulah versi mesin konvensionalnya.

Apakah Mobilovers berminat dengan mobil ini kalau dijual di Indonesia? [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar