Jaminan Harga Jual Kembali Jadi Senjata Baru Toyota

Berita Otomotif

Jaminan Harga Jual Kembali Jadi Senjata Baru Toyota

JAKARTA – Toyota punya beberapa senjata baru yang  mereka lancarkan di tengah masa pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Salah satunya jaminan harga jual kembali kendaraan mereka.

Wisnu Kusumawardhana, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Finance (TAF), mengatakan Toyota kini menawarkan program penjualan ‘Deal Cermat’. Isinya antara lain jaminan harga jual kembali, yang digabungkan dengan jaminan beli balik untuk proses tukar-tambah mobil konsumen selanjutnya.

“TAF bersama TAM (PT. Toyota Astra Motor, agen pemegang merek di Indonesia—Red) sudah melihat tukar-tambah ini sebagai potensi cukup besar untuk meningkatkan penjualan. Bahkan, salah satu produk kami yang terus kami pertajam yaitu Deal Cermat sudah masukkan tukar-tambah dengan garansi harga jual kembali dan dibeli balik. Jadi dalam periode tertentu bisa langsung gunakan kendaraan baru,” ucap dia dalam diskusi virtual KompasTalks pada Kamis (17/9/2020) sore.


Ketika dihubungi Mobil123.com usai diskusi, Wisnu menjelaskan dalam Deal Cermat ada perjanjian konsumen harus membeli Toyota lagi sebagai kendaraan baru selanjutnya. Program ini sendiri berlaku untuk pembelian seluruh model dengan Deal Cermat.

“Betul, (berlaku untuk) semua model di Deal Cermat,” tandas dia.

Sekadar informasi, Toyota punya value chain atau rantai nilai panjang dan lengkap di pasar otomotif Tanah Air. Berada di bawah grup bisnis raksasa Astra International, sokongan value chain untuk Toyota misalnya saja dari pembiayaan (TAF dan Astra Credit Company/ACC), dealer mobil bekas terdedikasi (Toyota Trust), sampai balai lelang (Ibid).


Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, dalam diskusi virtual yang sama menjelaskan bahwa dengan dukungan TAF pihaknya memberikan pula suku bunga spesial dalam program Deal Cermat. Keringanan pembiayaan ini adalah strategi penting lain Toyota di samping merambah jalur digital pada masa pandemi.

“Bukan hanya strategi digitalisasinya yang penting, ada penawaran apa di jalur digital itu juga penting. Melalui dukungan perbankan dan leasing, khususnya kalau kami TAF dan ACC, kami memberi keringanan misalnya di suku bunga. Contohnya ada suku bunga Spekta bagi hampir semua model sebesar 3,7 persen. Bahkan, untuk beberapa model bisa 1,9 persen. Angka ini saya rasa belum pernah muncul di tengah pandemi. Lalu, untuk Deal Cermat, 30 persen lebih ringan lagi dari suku bunga 3,7 persen tadi,” papar Anton. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar