Jaguar E-Type Listrik yang Dipakai Pangeran Harry Diproduksi pada 2020

Berita Otomotif

Jaguar E-Type Listrik yang Dipakai Pangeran Harry Diproduksi pada 2020

CALIFORNIA – Jaguar E-Type listrik yang dipakai oleh Pangeran Harry saat menikahi Meghan Markle pada Mei kemarin bakal diproduksi dan dipasarkan dua tahun dari sekarang.

Jaguar dikabarkan mengumumkan rencana merakit dan memasarkan lebih banyak lagi E-Type listrik. Pasalnya, mobil purwarupa yang diberi nama E-Type Zero Concept itu mendapat banyak atensi dari pasar ketika dipakai Pangeran Harry.

“Kami dibanjiri reaksi positif soal Jaguar E-Type Zero Concept,” aku Tim Hannig, Director of Jaguar Land Rover Classic di sela-sela Monterey Car Wee, California.

Pernikahan Pangeran Harry dengan Megan Markle sendiri ditonton oleh sekitar dua juta orang di seluruh dunia. Putra kedua Pangeran Charles dengan mendiang Putri Diana itu kemudian memboyong Markle dengan E-Type listrik di akhir seremoni.

Hannig menjelaskan produksi akan dilakukan pada 2020. Namun, Jaguar hanya akan membuatnya dalam jumlah kecil, tanpa menyebutkan volume pastinya.

Rencana produksi E-Type listrik membuat mobil-mobil klasik yang dibikin kembali di era modern makin banyak saja. Sebelumnya, Aston Martin membeberkan niatan memproduksi DB5 yang ada di film-film James Bond sebanyak 25 unit dengan pengiriman pertama pada 2020.

E-Type Zero Concept pertama kali diperlihatkan Jaguar pada September 2017. Namun, kehebohan mengenainya memang baru mengemuka pascamenjadi mobil pernikahan Pangeran Harry.

Jaguar menggunakan model klasik keluaran era 1960 dan 1970-an itu dan mengganti mesin konvensionalnya dengan baterai lithium-ion berkapasitas 40 kWh. Ada pula motor listrik bertenaga 225 hp.

Pabrikan asal Inggris ini sendiri sudah membuat satu unit versi produksi dari E-Type Zero Concept. Rencananya, mobil berwarna perunggu tersebut akan diperlihatkan pada akhir pekan ini di California.

Hannig menjelaskan E-Type listrik bakal lebih cepat, lebih bertenaga, dengan jarak tempuh 170  mil atau sekitar 273 km. Distribusi berat serta handling disebut-sebut mirip dengan E-Type mesin konvensional.

Baterai listrik dan banyak komponennya meminjam punya Jaguar I-Pace. Adapun kecepatan puncaknya diklaim mampu menyentuh 150 mil/jam atau sekitar 241 km/jam.

Jaguar sudah membuka pemesanan untuk E-Type listrik namun harganya belum disebutkan. Anda berminat? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support