Land Rover Ungkap 3 Model Hybrid untuk Masa Depan

Berita Otomotif

Land Rover Ungkap 3 Model Hybrid untuk Masa Depan

MILLBROOK  - Kehadiran kendaraan rendah emisi saat ini memang masih jarang tapi dicari. Wajar pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk menciptakan mobil yang mengandalkan teknologi rendah emisi. Jaguar Land Rover salah satunya.

Bukti keseriusan JLR ingin memperbanyak kendaraan rendah emisi diwujudkan saat acara CENEX Low Carbon Vehicle berlangsung di Millbrook, Inggris pada 9-10 September 2015. Di acara ini, JLR menghadirkan beberapa teknologi baru yang inovatif rendah dan nol emisi. Ada tiga konsep mobil ramah lingkungan mengusung tema "Concept_e".

Pertama adalah Concept_e MHEV yang berdasarkan pada Range Rover Evoque. Prototipenya memanfaatkan mesin diesel yang menghasilkan 90 Ps, sistem listrik 48V dan lithium-ion daya 48 volt. Dikawinkan motor listriknya dengan semburan tenaga 15 kW. Pabrikan menawarkan transmisi otomatis sembilan percepatan.

Kedua adalah Concept_e PHEV didasarkan pada Range Rover Sport. Ini memiliki arsitektur mirip dengan MHEV tapi dengan mesin bensin tenaga 300 Ps yang dikawinkan dengan transmisi delapan percepatan. Motor listriknya mampu melontarkan tenaga hingga 150 kW (201 hp) dan juga berfungsi sebagai motor starter, dan menarik energi listrik dari baterai lithium-ion 320-volt yang tersimpan di dalam bagasi.

Model terakhir adalah Concept_e BEV yang tampil dengan arsitektur kendaraan aluminium khas JLR. Mobil mengandalkan motor listrik 85 kW (114 hp) di roda depan dan motor listrik 145 kW (194 hp) di roda belakang.

Pengembangan ketiga model hybrid ini dimulai pada tahun 2013. Dua tahun berjalan, proyek mobil ramah lingkungan ini sudah menelan dana hingga Rp 358 miliar. Selain menguras isi kantung JLR, proyek ini juga memanfaatkan bantuan lembaga inovasi Inggris, dan 12 mitra teknologi yang berbasis di Inggris. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support