3 Modal Wajib Pengemudi Saat Berkendara di Jalan Tol

Panduan Pembeli

3 Modal Wajib Pengemudi Saat Berkendara di Jalan Tol

JAKARTA - Banyaknya pembangunan jalan tol di Indonesia menjadikan masyarakat banyak yang tergoda untuk menjajalnya.

Namun, berkendara di jalan tol sebenarnya bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan karena di jalan tol, kecepatan kendaraan bisa sangat tinggi. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya jumlah kecelakaan yang terjadi di jalan tol.

Menurut Auto2000, ada beberapa keterampilan khusus yang harus dimiliki agar bisa melintas di jalan tol dengan aman dan nyaman. Dan berikut adalah yang hal-hal harus dimiliki pengemudi sebelum berkendara di jalan tol.

1. Ketrampilan Emosi 
Ketrampilan emosi dibutuhkan agar pengemudi dapat mengendalikan emosinya dengan baik ketika berkendara. Dengan menjaga emosi, pengendara bisa mengambil keputusan bijak dalam menghadapi situasi yang berubah cepat dengan tujuan utama menjaga keselamatan seluruh pengguna jalan.

Ketrampilan emosi membuat pengemudi dapat berpikir tenang dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan, seperti tidak emosional ketika ada mobil lain memotong jalurnya. Atau tidak melanggar lampu lintas yang sedang menyala merah walau situasi memungkinkan, selalu menggunakan seat belt tanpa diminta, menjaga jarak aman dan waspada pada lingkungan sekitar mobil, serta patuh aturan lalu lintas lainnya tanpa ragu.

perawatan mobil

2. Ketrampilan Mengemudi 
Berbeda dengan keterampilan emosi yang merupakan bagian dari soft skill, keterampilan mengemudi biasanya berhubungan dengan teknis mengemudi alias hard skill. Pengemudi harus bisa menguasai teknik berkendara dengan baik sehingga dapat merespons segala kondisi yang berkembang dengan tepat.

Skill dasar mengemudi mobil bisa diperoleh di lembaga kursus mengemudi mobil yang sesuai kualifikasi pemerintah atau belajar dari pengemudi lain yang punya kompetensi dan jam mengemudi memadai.

3. Menjaga Kondisi Kendaraan
Selain skill pengemudi, kondisi fisik kendaraan juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan berkendara. Contoh, misal kondisi rem yang tidak pakem bisa membuat mobil terlibat kecelakaan. Pelat kopling aus bisa menyulitkan saat stop and go di tanjakan dan berbahaya jika sampai mobil mundur.

Untuk memastikan kinerja komponen mobil tetap optimal, Auto2000 sebagai dealer Toyota di Indonesia menawarkan program Promo PERKASA. Program ini memberikan potongan harga khusus untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber berupa diskon jasa sebesar 30% dan diskon part sebesar 15% dengan melakukan booking via Auto2000 Digiroom. Dengan program ini diharapkan pelanggan akan lebih mudah untuk mengemudi dengan aman. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar