Ini Tipe All New Daihatsu Xenia Terlaris pada Bulan Pertama Meluncur

Berita Otomotif

Ini Tipe All New Daihatsu Xenia Terlaris pada Bulan Pertama Meluncur

JAKARTA – Daihatsu mengungkap tiga tipe All New Xenia terlaris pada bulan pertama peluncuran.

Menurut data yang ditunjukkan Daihatsu, All New Xenia tipe 1.3 MT menjadi tipe terlaris dengan kontribusi 33 persen dari total penjualan model ini pada November 2021. Adapun raihan retail (distribusi dari diler ke konsumen) pada bulan tersebut adalah 468 unit.

Kenapa model seharga OTR Jakarta Rp190-244 jutaan itu baru laku ratusan unit?

“Peluncurannya baru 11 November 2021 di GIIAS, itu pun baru Jakarta. Kemudian, kami, kan, harus distribusikan unit dulu dengan segala keterbatasannya, maka distribusi baru sampai di beberapa daerah akhir November,” ujar Marketing and Customer Relations PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastioyoso dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, tipe terlaris kedua bulan lalu ialah 1.3 R MT. Kontribusinya menyentuh 25 persen dari total penjualan All New Xenia.

“Kalau dijumlahkan, 58 persen (penjualan All New Xenia pada November 2021) adalah tipe 1.300 cc R secara gabungan, baik yang manual maupun CVT,” pungkas Hendrayadi lagi.

Adapun tipe paling laku ketiga sementara ini ialah 1.5 R CVT, salah satu opsi dari varian tertinggi All New Xenia. Tipe tersebut menyumbang 13 persen.

Daihatsu Xenia terbaru

“Yang namanya periode peluncuran yaitu bulan pertama, bulan kedua, bulan ketiga (setelah resmi dijual), biasanya para pembelinya datang dari segmen-segmen yang sudah siap uang untuk pembayaran secara cash (tunai) maupun kredit,” kata Hendrayadi menjelaskan masuknya salah satu tipe termahal All New Xenia ke tiga besar.

Dominasi All New Daihatsu Xenia 1.300 cc

Jika dilihat dari tipe mesinnya saja, All New Xenia 1.300 cc mendominasi penjualan low multi purpose vehicle (LMPV) itu dengan kontribusi 73 persen pada November 2021. Adapun yang bermesin 1.500 cc menyumbang 27 persen.

Daihatsu Xenia terbaru

Seiring waktu, komposisinya dipercaya bakal makin jomplang.

“Sebenarnya, kalau kami memperkirakan tipe-tipe 1.500 cc itu enggak lebih dari 20 persen. Tipe-tipe 1.300 cc All New Xenina yang akan mendominasi sampai 80 persen-an. Ini komposisi masih 73 persen berbanding 27 persen karena biasanya pembelinya masih dari kalangan menengah ke atas,” papar Hendrayadi. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar