Penjualan Daihatsu Xenia Naik Ratusan Persen, Belum Semuanya Model Baru

Berita Otomotif

Penjualan Daihatsu Xenia Naik Ratusan Persen, Belum Semuanya Model Baru

JAKARTA – Penjualan Daihatsu Xenia pada November 2021 melonjak ratusan persen dibandingkan bulan sebelumnya. Namun, mayoritas masih model lama.

Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengklaim penjualan retail (distribusi dari diler ke konsumen) Xenia pada November kemarin berjumlah 1.555 unit. Adapun pada Oktober, capaiannya ‘hanya’ 741 unit.

Berdasarkan perhitungan Mobil123.com, ada peningkatan sebesar 109,85 persen. Meski begitu, belum semuanya merupakan model baru generasi ketiga.

“Di November kami masih jual Xenia lama juga karena tidak langsung habis (model lawasnya),” ucap Hendrayadi dalam konferensi pers belum lama ini.

Sekadar mengingatkan, All New Xenia resmi meluncur di Tanah Air dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Pameran otomotif yang diklaim terbesar di Asia Tenggara ini berlangsung pada 11-21 November di Serpong, Tangerang.

Hadir di masa insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen, Xenia generasi teranyar dijual mulai Rp190 juta-an sampai Rp244 juta-an on the road (OTR) Jakarta.

Daihatsu Xenia terbaru 2022

‘Saudara’ dari Toyota Avanza ini mengalami ubahan signifikan dari berbagai aspek. Platformnya kini menggunakan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti Daihatsu Rocky, desainnya berubah total menjadi mirip SUV, dan dimensinya menjadi jauh lebih bongsor.

Satu perombakan lain yang banyak menjadi bahan pembicaraan adalah pergantian sistem penggerak roda dari tadinya rear wheel drive (RWD/belakang) menjadi front wheel drive (FWD/depan). Selain itu, fitur-fiturnya juga menjadi jauh lebih modern serta canggih.

Di antara fitur-fitur yang terdapat di All New Xenia ialah Head Unit 9 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Integrated Air Purifier, Rear View Monitor, Around View Monitor, Hill Start Assist, sampai teknologi bantuan pengemudian aktif Advanced Safety Assist (ASA).

Lebih lanjut, Hendrayadi menjelaskan dari total penjualan 1.555 unit Xenia pada November, sebanyak 1.087 unit dikontribusikan oleh model lama. Komposisinya mencapai 70 persen dari total transaksi jual-beli.

Adapun penjualan Xenia generasi ketiga bulan lalu masih 468 unit saja. Komposisinya barulah 30 persen dari volume keseluruhan. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar