Mobil Klasik ini Cetak Rekor Terjual dengan Harga Termahal

Berita Otomotif

Mobil Klasik ini Cetak Rekor Terjual dengan Harga Termahal

CALIFORNIA - Duesenberg SSJ 1935 menjadi mobil klasik buatan Amerika termahal saat ini.

Produksi mobil di Amerika Serikat memang belum banyak seperti di Eropa pada 1914 hingga 1945 atau ketika Perang Dunia I dan II berlangsung. Namun mobil-mobil yang diproduksi di Negara Paman Sam ini ternyata memiliki sejarah tersendiri sehingga para kolektor berani menggelontorkan banyak uang demi mobil-mobil tersebut.

Di Monterey Car Week 2018, rekor baru telah tercipta di mana sebuah mobil klasik buatan AS terjual sangat mahal di proses lelang. Duesenberg SSJ 1935 milik Gooding & Company telah terjual dengan harga USD 22 juta atau setara dengan Rp 323 miliar.

Harga tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah diraih oleh mobil produksi AS di masa Perang Dunia 2. Sebelumnya, rekor mobil klasik termahal diraih oleh Shelby 260 Cobra 1962 di Monterey 2016 dengan harga USD 14 juta atau setara dengan Rp 206 miliar.

Mobil ini dihargai sangat mahal karena hanya diproduksi sebanyak 2 unit saja dan SSJ di acara ini merupakan unit pertama yang dilelang. Sebelum dimiliki Gooding & Company, Duesenberg SSJ 1935 milik aktor legendaris Gary Cooper.

Namun, pemilik pertama mobil klasik ini adalah Clark Gable. Setelah dibeli oleh Cooper, mobil ini dijual ke Briggs Cunningham yang dimiliki oleh Miles Collier pada akhir 1986 hingga proses lelang ini dilakukan.

Duesenberg SSJ 1935 telah menggunakan mesin berteknologi supercharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 400 hp. Mobil ini merupakan mobil tercepat di masanya dan memiliki kecepatan maksimal 225 km/jam.

“Banyak kendaraan mendapatkan julukan ‘speedster’ atau ‘racers’, tetapi Duesenberg SSJ memang cocok mendapatkan julukan tersebut. Mampu melaju hingga 225 km/jam di 1935 merupakan performa luar biasa, sesuai dengan style luar biasa,” tutur Collier.

Mobil yang memiliki nama alias Duesy ini merupakan hasil lelang terbaik di 15th Annual Pebble Beach Auctions Gooding. Mobil klasik ini bukanlah satu-satunya yang terjual dalam jutaan dollar, kurang lebih 25 unit mobil berhasil dilelang dengan harga masing-masing menyentuh jutaan dollar AS. [Amo/Ari]



Amos Arya

Amos Arya

Penyuka otomotif yang ingin mengungkap keunikan dan keseruan seputar otomotif


Berita Utama


Komentar