Ford Model B Tahun 1903 Terjual Rp 6,7 Miliar

Berita Otomotif

Ford Model B Tahun 1903 Terjual Rp 6,7 Miliar

LONDON - Ford Model B Side Entrance Tonneau buatan tahun 1906 terjual dengan harga € 419,750 atau setara lebih dari Rp 6,9 miliar.

Mobil yang didapat dari Den Hartogh Museum di Belanda tersebut dilelang pada rumah lelang Bonhams di London. Dan menjadi 1 dari 200 mobil lainnya dari yang juga dari Ford dan Lincoln serta 50 sepeda motor yang dilelang.

Namun, Ford Model B Side Entrance Tonneau buatan tahun 1906 berhasil menjadi mobil dengan harga tertinggi. Bahkan, nilai jualnya mencapai 7 kali lipat dari harga perkiraan sebelum lelang dimulai.

Sementara itu, Ford Model K Open Tourer 1906 menjadi mobil termahal kedua yang dijual dengan harga mencapai € 345,000 atau setara Rp 5,7 miliar. Mobil termahal ketiga yang terjual adalah Ford Model A Open Tourer 1903 dengan harga sebesar € 143.750 atau setara Rp 2,38 miliar.

Dijualnya mobil-mobil Ford di Den Hartogh museum sebenarnya cukup mengagetkan. Pasalnya selama ini museum tersebut dikenal sebagai salah satu museum dengan koleksi mobil Ford terbanyak di dunia.

Museum itu sendiri dibangun oleh Piet den Hartogh, seorang warga Belanda. Awalnya Ia membeli mobil Ford pertamanya pada 1956. Kemudian perlahan koleksinya mulai meningkat seiring dengan keinginannya untuk memiliki semua mobil Ford.

Semua mobil berhasil Ia miliki namun hanya disimpan begitu saja. Namun pada 1990, istri dari Den Hartogh memiliki ide untuk menempatkan mobil-mobil koleksi sang suami di sebuah museum. Dijualnya koleksi Ford tersebut dikabarkan karena keluarga Piet den Hartogh ingin agar mobil-mobil tersebut juga dimiliki oleh para penggemar Ford. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual