Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Info Mudik 2018: Waspadai Tanjakan Panjang di Jalur Pengalihan Jembatan Kenteng

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: Waspadai Tanjakan Panjang di Jalur Pengalihan Jembatan Kenteng

SALATIGA – Jalur pengalihan Jembatan Kentengyang terdapat di tol fungsional Salatiga-Solo harus menjadi perhatian para pemudik.

Hal ini dikarenakan di jalur tersebut tersebut terdapat tanjakan yang cukup curam dengan sudut kemiringan mencapai 22,2 derajat. Sudut kemiringan tersebut jauh lebih curam bila dibandingkan dengan tanjakan Nagreg yang hanya mencapai 14,8 derajat.

Dengan kondisi tanjakan tersebut, maka di titik inilah salah satu ujian dimana kemampuan mengemudi pengendara dan kondisi mobil benar-benar ditantang. Salah sedikit, maka bukan tidak mungkin mobil tidak kuat menanjak dan bahkan justru mundur.

Untuk itu, pemudik diharapkan tetap mematuhi aturan lalu lintas dan peringatan yang sudah disampaikan. Selain harus menjaga jarak depan dan belakang, pemudik juga harus menggunakan perseneling terendah serta siap menekan pedal gas dalam dalam menjelang dan saat mendaki.

Sejumlah langkah antisipasi juga dilakukan oleh pihak Jasamarga guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sejumlah petugas telah disiagakan untuk mengawal sejumlah kendaraan dengan alat untuk menahan kendaraan. Tak hanya itu, mereka juga siap mendorong mobil agar tetap bisa melaju.

Namun kondisi tersebut tentu tidak menguntungkan. Maka dari itu, Jasamarga akan menyeleksi kendaraan yang dapat masuk ke tol fungsional tersebut. Kendaraan berusia tua dan mobil bak terbuka yang membawa banyak barang akan dialihkan agar keluar di tol Salatiga. Mereka baru bisa masuk ke tol lagi di Gerbang Tol Colomadu.

Jalur pengalihan Jembatan Kenteng memang harus mendapat perhatian para pemudik. Pasalnya, pada hari pertama dibuka, jalur ini sudah dilalui sebanyak 4.200 kendaraan sementara di hari kedua sudah mencapai 5.780 kendaraan. Ironisnya, meski baru dua hari dibuka namun tercatat sudah ada 10 kendaraan yang mogok. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang