Info Mudik 2018 : Daftar Tol Fungsional saat Mudik 2018

Berita Otomotif

Info Mudik 2018 : Daftar Tol Fungsional saat Mudik 2018

JAKARTA – Mendekati musim mudik 2018, sejumlah ruas tol  baru dipastikan akan dioperasikan, meski dengan status fungsional. Dengan dioperasikannya tol-tol tersebut diharapkan waktu tempuh pemudik bisa lebih cepat.

Berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jalan Tol, di pulau Jawa terdapat 524 Km jalan tol beroperasi dari Jakarta hingga Surabaya dan jalur fungsional sepanjang 237 Km dari Jakarta sampai Surabaya. Itu artinya ada 761 km jalan tol yang bisa dilalui pemudik.

Khusus untuk jalur fungsional terdapat  ruas jalan tol yang dibuka selama mudik lebaran yaitu, Pemalang – Batang sepanjang 39,20 Km, Batang – Semarang 75 Km, Semarang – Solo (Ruas Salatiga – Kertasura) 32,45 Km, Solo – Ngawi (Ruas Sragen – Ngawi) 50,8 Km, Ngawi – Kertosono (Ruas Wilangan – Kertosono) 39,05 Km, Kertosono – Mojokerto (Ruas Bandar – Batas Barat) 0,90 Km, Pandaan – Malang 15,47 Km dan Ciawi – Sukabumi 15,35 Km.

Di tol-tol tersebut terdapat 14 Tempat Istirahat (TI), 31 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 14 Parking Bay dan 27 Tempat Istirahat Sementara (TIS). Fasilitas TI dan TIP terdapat 540 toilet pria, 710 toilet wanita, 26 toilet mobile, 24 portable toilet serta fasilitas lain seperti tempat makan, musholla atau masjid, SPBU dan bengkel. Sementara TIS akan dibekali toilet pria dan wanita serta fasilitas lain seperti musholla/masjid, SPBU dan tempat makan.

Untuk pulau Sumatera, saat ini sudah ada 125 Km jalur fungsional dan 119 Km jalur operasi. Dengan demikian, ada 244 km jalan tol yang sudah bisa dinikmati oleh pemudik di musim mudik 2018 nanti.

Jalur fungsional terdapat di beberapa jalan tol seperti, Bakauheni – Terbanggi Besar (SS Bakauheni – SS Lematang dan Branti – Terbanggi Besar) 88,44 Km, Palembang – Indralaya (Ruas Pamulutan – Indralaya) 14,18 Km dan Terbanggi Besar – Kayu Agung (Ruas Terbanggi Besar – Terusan Nyunyai) 22 Km. Untuk lokasi TIP terletak di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi besar.

Tol fungsional dipastikan akan dioperasikan tanpa dipungut biaya, sementara untuk tol yang sudah resmi beroperasi akan diberikan diskon sebesar 10 persen. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support