Info Mudik 2018 : Jalur Pansela Tawarkan Wisata Menyenangkan

Berita Otomotif

Info Mudik 2018 : Jalur Pansela Tawarkan Wisata Menyenangkan

JAKARTA – Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa diperkirakan akan menjadi rute alternatif bagi pemudik yang ingin bertualang.

Meski kehadiran ruas tol baru di pulau memberi pilihan baru dengan keunggulannya yaitu waktu tempuh yang lebih singkat, namun Pansela memiliki keunggulan tersendiri. Banyaknya lokasi wisata disebut-sebut akan menjadikan Pansela sebagai pilihan yang lebih menyenangkan.

Dengan banyaknya wisata tersebut, diharapkan industri pariwisata di kawasan Pasela akan naik dan bahkan diharapkan dapat mengalahkan pamor dari jalur Pantura.

Keindahan pantai pun diklaim sebagai salah satu yang menjadi keunggulan dari jalur pansela. Jalur yang memiliki panjang mencapai 1.405 km dan lebar jalan antara lima hingga tujuh meter ini memang melalui beberapa pantai tersohor.

Rute Pansela dimulai dari Barat Pulau Jawa yaitu Pelabuhan Merak. Dari sana, pemudik bisa melalui Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi. Dilanjutkan dengan Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama. Kemudian di Kabupaten Cianjur ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang.

Masuk ke Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya di ruas jalan Rancabuaya; Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun; Jalur pantai selatan Jawa.

Selanjutnya di Kabupaten Pangandaran ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran di ruas jalan yang sama. Lalu di Kabupaten Tasikmalaya terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah.

“Kami promosikan supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, tetapi juga obyek wisatanya,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sayang, belum seluruh Pansela telah tersambung khususnya di ruas Yogyakarta – Banyuwangi. Namun diharapkan pada tahun depan seluruh pengerjaan akan sudah selesai sehingga arus lalu lintas di pulau Jawa akan lebih baik. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual