Info Mudik 2018: Ini Perkirakan Titik Kemacetan Arus Balik

Berita Otomotif

Info Mudik 2018: Ini Perkirakan Titik Kemacetan Arus Balik

JAKARTA - Sama seperti pada arus mudik, arus balik diperkirakan akan memiliki beberapa titik kemacetan yang harus diwaspadai.

Diperkirakan sedikitnya ada enam lokasi yang akan menjadi titik kemacetan saat arus balik mendatang. Keenam titik tersebut adalah Kali Kenteng, Gerbang Tol Manyaran di Semarang, Gerbang Tol Kalikuto, Gerbang Tol Kertasari, Gerbang Tol Palimanan dan Gerbang Tol Cikarang. Tak hanya itu, sejumlah rest area juga diperkirakan akan menjadi titik macet khususnya rest area di Jalan Tol Cikampek-Palimenan, Palimanan-Kanci dan Cikampek.

Kali Kenteng sendiri saat arus mudik memang telah menjadi salah satu titik kemacetan yang cukup parah. Hal ini dikerenakan jalan tersebut memiliki tanjakan yang cukup terjal sehingga pengemudi harus melaluinya dengan lebih hati-hati.

Guna mengantisipasi kepadatan arus balik nanti, pihak Jasamarga juga telah melakukan beberapa langkah antisipasi. Salah satunya adalah dengan melakukan contra flow dan menambah jumlah rest area di beberapa ruas jalan.

Puncak arus mudik sendiri diperkirakan akan terjadi pada tanggal 19-20 Juni. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadin pun menyarankan agar para pemudik kembali ke kota tempat bekerja sebelum atau setelah tanggal itu agar mereka terhindar dari puncak kepadatan di jalur pulang.

Tak hanya itu, Ia pun berharap agar para pemudik tak terpaku pada jalan tol dan mempertimbangkan rute alternatif seperti jalur Pantai Utara yang diklaim sudah dalam kondisi lebih baik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar