Awas Macet, Hari Ini akan Jadi Puncak Arus Balik Libur Natal 2020

Berita Otomotif

Awas Macet, Hari Ini akan Jadi Puncak Arus Balik Libur Natal 2020

JAKARTA – PT Jasa Marga  Persero memperkirakan puncak arus balik akan terjadi hari ini, 27 Desember 2020.

Sedikitnya, Jasa Marga memperkirakan akan ada 178.887 kendaraan yang akan kembali dari beragam daerah di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat 13,82% bila dibandingkan dengan kondisi lalu lintas normal.

Tol Jakarta – Cikampek pun diperkirakan akan menjadi ruas tol paling padat hari ini. Jasa Marga memperkirakan akan ada 57.404 kendaraan akan melintasi gerbang tol Cikampek Utama arah Jakarta, meningkat 35% dari lalu lintas normal.

Bila benar kepadatan terjadi, bukan tidak mungkin Jasa Marga dan pihak kepolisian akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Salah satunya adalah contraflow seperti yang sudah dilakukan saat awal musim liburan.

Tak hanya itu, Jasa Marga juga meminta kepada para pengguna jalan untuk sebaiknya melakukan perjalanan lebih awal. Hal ini dilakukan guna menghindari kepadatan arus balik yang kemungkinan akan terjadi. Mereka juga mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk memastikan ketersediaan saldo uang elektronik agar tidak membuat kepadatan saat melakukan transaksi di gerbang tol.

Jumlah Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Awas Macet, Hari Ini akan Jadi Puncak Arus Balik Libur Natal 2020
Sejak tanggal 23 hingga 25 Desember 2020, Jasa Marga mencatat sebanyak 483.072 kendaraan meninggalkan Jakarta. Jumlah tersebut merupakan total jumlah kendaraaan yang melewati beberapa gerbang tol utama GT Cikupa, GT Ciawi, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Jumlah ini naik 17,4% jika dibandingkan lalin normal.

Berikut adalah rincian kendaraan yang melintas di masing-masing gerbang tol

Arah Timur

  • GT Cikampek Utama 1 dilintasi sebanyak 146.823 kendaraan. Naik sebesar 51,6% dari lalu lintas normal.
  • GT Kalihurip Utama 1 dilintasi sebanyak 97.356 kendaraan. Turun 2,5% dari lalu lintas normal.

Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 244.179 kendaraan, naik sebesar 24,1% dari lalu lintas normal.

Arah Barat

  • GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak dilintasi sebanyak 140.471 kendaraan. Naik 0,1% dari lalu lintas normal.

Arah Selatan

  • GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi dilalui sebanyak 98.423 kendaraan, naik sebesar 32% dari lalu lintas normal.

[Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar