Indonesia Pasar Terbesar Mitsubishi Global pada 2018, Kalahkan China

Berita Otomotif

Indonesia Pasar Terbesar Mitsubishi Global pada 2018, Kalahkan China

JAKARTA - Indonesia mampu menjadi pasar terbesar bagi Mitsubishi global pada 2018, mengalahkan China. Agen pemegang merek tersebut di Tanah Air ingin mengulanginya lagi tahun ini.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa pencapaian luar biasa mereka pada tahun lalu membuat negara ini menjadi pasar nomor satu bagi prinsipal. China, yang notabene pasar terbesar sejagad bagi industri otomotif global, bahkan ada di bawah Indonesia.

“Jadi dari Januari sampai Desember 2018 lalu, MMKSI mampu membukukan volume penjualan terbesar bagi Mitsubishi Motors Corporation dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Kedua adalah China dan saya tidak peduli yang ketiga siapa karena yang penting bagi saya adalah nomor satu. Itu saja,” tegas dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara di sela-sela Annual Media Gathering pada Rabu (13/3/2019) malam di Jakarta.

Selisih penjualan antara Indonesia dengan ‘Negeri Tirai Bambu’ terbilang tipis. Menurut Nakamura, perbedaannya cuma sekitar 10 ribu unit.

Sebagai informasi, tahun lalu merek berlogo tiga berlian ini berhasil membukukan penjualan retail 146.805 unit, melonjak 84,3 persen jika dibandingkan dengan torehan 2017 (year on year). Model-model kendaraan penumpang mereka, berkat jasa low multi purpose vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander, naik 174,7 persen dari 36.084 unit menjadi 98.964 unit.

Adapun model-model kendaraan niaga ringan tumbuh 9,6 persen year on year. Volume penjualan 79.807 unit pada 2017 menjadi 146.805 unit setahun kemudian khususnya karena jasa Mitsubishi Triton 4x4 seiring meningkatnya permintaan dari sektor industri pertambangan plus perkebunan.

Meski begitu, tahun lalu Mitsubishi akhir tahun lalu memberhentikan produksi Mitsubishi T120SS mulai Januari 2019.

“Mitsubishi mencapai pertumbuhan penjualan paling tinggi di antara merek-merek mobil lainnya di Indonesia,” pungkas Nakamura.

Dia kemudian menegaskan bahwa tahun ini MMKSI optimistis tetap menjadi kontributor penjualan utama bagi Mitsubishi secara global. China ingin mereka kalahkan lagi.

“Strategi kami tahun ini cukup sederhana yaitu menjadi nomor satu di segala aspek,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support