Mitsubishi Xpander Bertekad Tendang Toyota Avanza dari Takhta Tahun Ini

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Bertekad Tendang Toyota Avanza dari Takhta Tahun Ini

JAKARTA - Mitsubishi Xpander diberi target besar untuk menggantikan status Toyota Avanza sebagai low multi purpose vehicle (LMPV) terlaris di Indonesia pada 2019, dengan target penjualan lebih dari 80 ribu unit setahun.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menegaskan hal itu dalam Annual Media Gathering pada Rabu (13/3/2019) malam di Jakarta. Menurutnya, selama dua bulan pertama, Xpander sudah melakukan tugasnya dengan baik karena berhasil mengungguli Avanza.

Pada Januari, LMPV yang meluncur pada Agustus 2017 ini membukukan penjualan wholesales 5.708 unit. Volume relatif sama juga digapai setelahnya.

“Angka penjualan pada Februari juga hampir 6.000 unit. Saya percaya diri bisa mempertahankan status nomor satu (di segmen LMPV) ini sampai akhir tahun. Biasanya, di Indonesia, permintaan pada Januari serta Februari lebih rendah dari bulan-bulan setelahnya. Jadi, kami berekspektasi volume penjualan total Xpander akan lebih banyak lagi dari itu ke depannya,” papar dia meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam wawancara setelah konferensi pers.

Adapun Avanza, berdasarkan data yang didapat dari PT. Toyota Astra Motor (TAM), terdistribusikan sebanyak 11.268 unit selama dua bulan pertama 2019. Pada Januari volumenya mencapai 5.568 unit, sedangkan pada Februari jumlahnya 5.700 unit.

Sekadar mengingatkan, Xpander berhasil mendapatkan atensi luar biasa dari pasar Indonesia sesaat setelah peluncurannya. Setelah berhasil terdistribusikan dari pabrikan ke dealer sebanyak 13.070 unit pada 2017, kendaraan satu ini mampu meroketkan suplai tersebut hingga 474,41 persen menjadi 75.075 unit year on year pada akhir 2018.

Tahun lalu, tulang punggung penjualan Mitsubishi di Nusantara ini sempat mengungguli Avanza selama sembilan bulan pertama. Kendati begitu, jawara Toyota tersebut kembali merebut takhtanya di sisa bulan.

Sejak Avanza hadir pada 2004 hingga sekarang, LMPV terlaris sekaligus menjadi mobil terlaris di pasar Indonesia.

Inden dan Target Penjualan 2019
Dengan kondisi pabrik yang belum maksimal karena baru resmi beroperasi pada April 2017, inden dari model yang menjalani debut globalnya di Indonesia itu sendiri sempat mengular hingga sempat mencapai sekitar enam bulan pada 2017 maupun 2018. Akan tetapi, seiring mulai normalnya operasional pabrik plus penambahan kapasitas produksi Xpander hingga 115 ribu unit per tahun pada 2018, inden terus dikurangi hingga mencapai satu - dua bulan.

Mitsubishi sendiri, kata Nakamura, sudah menambah kapasitas produksi total pabrik untuk seluruh model yang mereka rakit menjadi 160 ribu unit pada tahun fiskal 2019, dari sebelumnya 120 ribu unit. Lebih dari separuhnya, atau lebih dari 80 ribu unit, didedikasikan bagi Xpander khusus untuk pasar Indonesia saja.

Karena itu, inden terkini dipercaya tetap berkisar di satu sampai dua bulan.

“Target volume kami tahun ini juga di kisaran 80 ribu unit, setara dengan produksinya,” tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support