Mitsubishi Kemungkinan Naikkan Harga Semua Model pada Agustus

Berita Otomotif

Mitsubishi Kemungkinan Naikkan Harga Semua Model pada Agustus

JAKARTA – Mitsubishi mungkin akan menaikkan harga semua model kendaraan mereka pada Agustus karena situasi terkini kurs rupiah terhadap dollar AS yang kurang menguntungkan.

Deputy Group Head Communication and Planning PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari mengungkapkan hingga kini mereka belum melakukan penyesuaian harga yang berkaitan dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang sudah sekitar Rp 14.300 – 14.400 per dollar AS. Karena itu, bisa jadi bulan depan kebijakan tersebut terpaksa dinaikkan.

“Mungkin nanti Agustus ada kenaikan. Biasanya dilakukan untuk semua model,” kata Intan menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai konferensi pers terakhir mengenai persiapan GIIAS 2018, awal pekan ini di Jakarta.

Di dalam jumpa pers, Mitsubishi mengumumkan rencana peluncuran Mitsubishi Xpander varian baru di GIIAS 2018 pada 2 – 12 Agustus mendatang di Serpong, Tangerang. Selain itu, ada pengenalan mobil listrik Mitsubishi e-Evolution Concept.

Lebih lanjut, kenaikan mesti dilakukan pada seluruh model meski sekarang Mitsubishi hanya mengimpor satu produk yakni Triton. Pasalnya, bahan baku mobil-mobil yang dirakit di sini masih diimpor.

“Kan, masih sekitar 60 persen konten lokalnya,” papar Intan.

Ia mengaku belum mengetahui berapa besar kenaikan harga produk-produk Mitsubishi, jika aksi ini jadi dilakukan.

Sebagai informasi, level rupiah terhadap dollar AS berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) per 12 Juli adalah Rp 14.435. Berarti, ada kenaikan sekitar 7 persen dibandingkan nilai tukar pada akhir 2017 yang masih Rp 13.400 – Rp 13.500.

Tren pelemahan kurs rupiah terhadap dollar AS ini sendiri sudah terjadi sejak akhir kuartal satu tahun ini. Selain dipengaruhi oleh aksi Bank Federal Amerika Serikat menaikkan suku bunga mereka, ada pula faktor neraca perdagangan Indonesia yang negatif.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan beberapa pabrikan sudah menyesuaikan harga, salah satunya Isuzu. Merek-merek lain diyakini pula menyusul.

Hyundai mengaku sudah bersiap menaikkan harga pada akhir Juli. Kini mereka sedang mengamati fluktuasi kurs sekaligus mencari nilai tengah yang bisa diterima pasar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual