Imbas Kebijakan Otomotif Trump, Meksiko Mulai Bereaksi

Berita Otomotif

Imbas Kebijakan Otomotif Trump, Meksiko Mulai Bereaksi

MEXICO CITY – Kebijakan mengenai industri otomotif Amerika Serikat di bawah Donald Trump tentu memiliki imbas kepada Meksiko yang sebelumnya merupakan wilayah produksi beberapa pabrikan dunia.

Seperti kita ketahui bersama, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk mengembalikan kejayaan industri otomotif negaranya.  Malah sejak masa kampanye, Trump sudah bersuara keras dan memprotes langkah-langkah beberapa pabrikan dunia.

Salah satu langkah Trump yang paling keras adalah menghalangi pabrikan-pabrikan dunia untuk melakukan produksi di Meksiko. Jika masih tetap melakukan hal tersebut, maka akan dikenakan pajak besar hingga 35 persen bila ingin menjual produksnya di Amerika Serikat.

Setelah ancaman tersebut beberapa pabrikan otomotif melakukan revisi rencananya untuk melakukan produksi di Meksiko. Dan ini terntu berimbas langsung pada kondisi ekonomi di negara terdekat Amerika Serikat di sebelah selatan.

Reuters melaporkan bahwa ketentuan NAFTA sekarang tidak sesuai dengan apa yang dilakukan Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Trump.

Menanggapi hal tersebut, Ildefonso Guajardo, Menteri Ekonomi Meksiko mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengajak Amerika Serikat dan Kanada yang merupakan anggota NAFTA (North American Free Trade Agreement) untuk melakukan pertemuan. Yang jelas Meksiko menghendaki negosiasi ulang. Terutama 
menyikapi klausul-klausul yang ada sekarang. 
“Amerika Serikat ingin memperkuat chain value di kawasan Amerika Utara dan ini berarti kita harus melakukan review sangat teliti dari perjanjian yang sudah ada,” kata Ildefonso di radio lokal Meksiko. 

Jika dalam waktu dekat terjadi pertemuaan NAFTA, rasanya negosiasi akan berjalan alot. Amerika Serikat dan Meksiko sudah pasti akan mengeluarkan argumentasinya masing-masing yang pastinya berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi masing-masing negara. Tunggu berita selanjutnya. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual