Trump Warning Pabrikan Mobil Jerman

Berita Otomotif

Trump Warning Pabrikan Mobil Jerman

MUNICH - BMW tetap pada rencana awal untuk membangun pabrik dengan nilai investasi $ 1 miliar di Meksiko meski berisiko terkena pajak tinggi jika ingin menjual produksinya ke Amerika Serikat.

Aturan baru mengenai perpajakan kendaraan import ke Amerika Serikat di bawah pemerintahan presiden Donald Trump memiliki beragam konsekuensi bagi pabrikan kendaraan dunia. Setelah Ford dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA), kini giliran BMW yang bisnisnya bakal terganjal oleh kebijakan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman, Bild, Donald Trump mengkritik BMW, Mercedes dan VW karena tidak memproduksi lebih banyak mobil di pabrik-pabrik mereka di Amerika Serikat. 

"Jika Anda ingin membangun mobil di dunia, maka saya harap yang terbaik untuk Anda. Anda dapat membangun mobil untuk Amerika Serikat, tapi untuk setiap mobil yang datang (impor) ke Amerika Serikat, Anda akan membayar pajak 35 persen," jelas Trump dalam wawancara.

Khusus BMW, karena tidak mengubah niatnya untuk membangun pabrik di Meksiko Trump menyampaikan pesan khusus.

"Saya akan memberitahu BMW jika Anda sedang membangun sebuah pabrik di Meksiko dan berencana untuk menjual mobil ke Amerika Serikat, tanpa pajak 35 persen, maka Anda bisa melupakan itu," kata Trump.

Tidak seperti Ford, BMW punya pertimbangan lain dan tetap menjalankan rencananya tersebut. Pembangunan pabrik baru di San Luis Potosi, Meksiko yang rencananya memiliki kapasitas 150 ribu unit BMW 3 Series pada 2019.

Pihak BMW menyatakan bahwa rencana produksi ini telah disesuaikan dengan pergerakan pasar. Pabrik BMW di Afrika Selatan akan berhenti memproduksi dan mengekspor BMW 3 Series ke Amerika Serikat. Dan sebagai gantinya, pabrik tersebut akan memproduksi BMW X3.  

"Sederhanya, BMW akan memasang kapasitas produksi BMW 3 Series di pabrik baru untuk memasok pasar global. Kami memutuskan ke mana akan memasarkan produksi kami sesuai dengan kondisi kerangka kerja internasional yang berlaku," jelas Ian Robertson Brand's Board Member Sales BMW.

Peter Schwarzenbauer, Brand's Board Member Sales BMW lainnya juga mempertegas hal senada bahwa pihaknya tetap akan membangun pabrik di meksiko. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual