Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ibu Kota Baru Lebih Utamakan Transportasi Massal

Berita Otomotif

Ibu Kota Baru Lebih Utamakan Transportasi Massal

BALIKPAPAN - Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan menegaskan bahwa Ibu Kota baru akan mengandalkan transportasi publik atau massal dibandingkan kendaraan pribadi.

Berbeda dengan Jakarta saat ini yang baru membenahi transportasi massal, Ibu Kota baru nantinya akan memiliki transportasi massal berkualitas. Ini karena menurutnya kota yang memiliki konektivitas dan aksesbilitas baik daya tarik tersendiri.

“Di manapun ibukotanya, untuk melayani konektivitas dan aksesbilitas, transportasi publik/massal seperti darat dan kereta api mutlak harus dibangun. Itu sangat dibutuhkan masyarakat. Konektivitas dan aksesibilitas yang baik bisa dilakukan dengan membangun MRT, LRT, Kereta Api dan Bus Listrik. Itu akan sangat memudahkan pergerakan masyarakat,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya telah memberi beberapa target yang harus dipenuhi di Ibu Kota baru. Salah satunya adalah waktu tempuh yang singkat sehingga dapat membuat masyarakat tertarik menggunakan transportasi umum.

“Kami menargetkan perjalanan 20 KM, maksimal dapat ditempuh selama 30 menit dan 80 persen masyarakat, maksimal berjalan kaki 10 menit untuk menuju transportasi umum,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan bahwa 75 persen angkutan umum yang akan dibuat berbasis listrik dan berbahan bakar ramah lingkungan. Selain itu Kemenhub menargetkan pada jam sibuk, masyarakat bisa menggunakan transportasi umum dan meninggalkan mobil pribadi.

Semua itu masuk ke dalam konsep Ibu Kota baru yaitu “Smart City, Smart Mobility”. Konsep tersebut mendorong orang untuk menggunakan transportasi massal, berjalan kaki dan bersepeda dengan fasilitas yang people dan eco friendly. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang