Berhasil Ubah Wajah Transportasi, Jakarta Dapat Penghargaan International

Berita Otomotif

Berhasil Ubah Wajah Transportasi, Jakarta Dapat Penghargaan International

JAKARTA – Pengembangan transportasi di DKI Jakarta ternyata berhasil mendapat penghargaan dari dari ajang international.

Jakarta berhasil mendapat penghargaan Honorable Mention di ajang Sustainable Transport Award 2020 yang diselenggarakan di Washington DC, Amerika Serikat. Ini diraih karena dinilai telah berhasil memperbaiki wajah transportasinya melalui tiga poin pertama.

Ketiga poin sistem transportasi yang mengalami kemajuan adalah

1. Penumpang Transjakarta naik 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun.

2. Pembangunan integrasi sistem BRT dengan mikrobus (angkot) serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan pilihan moda transportasi.

3. Peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk integrasi pelbagai moda.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ungkap Ibu Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda.

Selain mengembangkan sistem transportasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memperluas trotoar agar membuat pejalan kaki lebih nyaman sehingga dapat mengajak masyarakat berjalan kaki. Hal ini sudah bisa dinikmati masyarakat di kawasan Cikini yang trotoarnya baru rampung beberapa waktu lalu. Sejumlah jalur sepeda juga kembali dibuat sehingga diharapkan bisa membuat pesepeda lebih aman dalam berkendara.

Namun tetap saja, ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dibenahi. Penguatan kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan pihak kepolisian terkait tilang elektronik sebaiknya semakin diperkuat agar masyarakat semakin menahan diri untuk melanggaran aturan. Demikian pula jalur sepeda di Kanal Banjir Timur yang kini terbengkalai, sebaiknya kembali dibenahi.

Semua langkah tersebut tentunya memerlukan waktu yang tidak sedikit dan diharapkan bisa dikerjakan secara bertahap di masa depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar