Hyundai Resmi Jual 2 Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Cek Harganya

Mobil Baru

Hyundai Resmi Jual 2 Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Cek Harganya

JAKARTA – Hyundai akhirnya resmi meluncurkan dan menjual dua mobil listrik murni, Ioniq dan Kona EV, di Indonesia. Keduanya pun menjadi mobil listrik termurah di Tanah Air saat ini.

Ioniq dan Kona EV bukan lah mobil listrik murni pertama yang dijual di Nusantara. Sebelumnya sudah ada model-model seperti Tesla Model 3 maupun BMW i3s.

Akan tetapi, hatchback plus sport utility vehicle (SUV) compact tersebut menjadi mobil listrik termurah saat ini. Harga on-the-road Jakarta Ioniq dan Kona EV hanya Rp 600 jutaan.


“Harga Kona electric ini Rp 674.800 juta. Ada empat pilihan warna. Kita lihat Ioniq electric, ada dua tipe yaitu Prime dan Signature. Harga Rp 624.800.000 dan Rp 664.800.000 (bagi masing – masingnya). Warna pun juga tersedia dalam empat pilihan,” ucap Makmur selaku Managing Director PT. Hyundai Motors Indonesia (HMI) dalam peluncuran virtual pada Jumat (6/11/2020) via YouTube.

Sekadar mengingatkan, informasi mengenai peluncuran keduanya sudah Hyundai umumkan secara resmi pada Agustus 2020. Ketika itu, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini membawa dan memamerkan Ioniq plus Kona EV ke hadapan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


“Hyundai mau jadi game changer era mobilitas masa depan di Indonesia. Kami ingin membuktikannya dengan meluncurkan dua tipe mobil listrik sekaligus yaitu hatchback dan SUV agar konsumen mempunyai pilihan,” ujar Makmur lagi, di dalam peluncuran.

Fitur – fitur Ioniq antara lain Blind Spot Warning, Rear Cross-Traffic Collission Warning, Tire Pressure Monitoring Sytem, Shift-by-Wire, dan 7 Airbag. Ada pula Electrically Adjustable Seat dengan pendingin dan penghangat pada bagian depan, Head Unit Touchscreen 8 inchi, serta Wireless Charging.

Terdapat pula pilihan Drive Mode (Mode Berkendara). Dalam Mode Sport, akselerasi 0 – 100 km per jam Ioniq diklaim 9,9 detik.

Adapun fitur – fitur Kona EV yang disebutkan dalam peluncuran antara lain Anti-lock Braking System, Hill Start Assist, Electronic Stability Control, 6 Airbag. Ada pula Tire Pressure Monitoring System, Rear and Front Parking Distance Warning juga Sun Roof.

Sebagai mobil listrik, keduanya disebut punya torsi instan dan besar. Dalam kondisi baterai terisi penuh, jarak tempuh Ioniq 373 km (Tes NEDC) atau 311 (Tes WLTP). Sementara itu, Kona EV hingga 345 (NEDC) atau 289 (WLTP).

“Kami sudah siapkan semua dealer resmi di Indonesia untuk jual dua mobil listrik ini,” pungkas Makmur. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar