Hyundai Sowan ke Luhut Bawa 2 Mobil Listrik, akan Meluncur Tahun Ini

Berita Otomotif

Hyundai Sowan ke Luhut Bawa 2 Mobil Listrik, akan Meluncur Tahun Ini

JAKARTA – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, beberapa waktu lalu mengatakan via media sosial bahwa para eksekutif Hyundai Asia Pacific berkunjung ke kantornya dengan membawa mobil listrik. Belakangan diketahui, ada dua model yang diboyong dan keduanya siap meluncur tahun ini.

Kedua model tersebut, menurut pernyataan pers Hyundai pada akhir pekan ini, adalah Ioniq dan Kona. Sebagai informasi, Ioniq sebelumnya sudah hadir di Indonesia sebagai armada taksi online Grab, sedangkan Kona yang sudah dijual di negara ini barulah versi mesin konvensionalnya.

“Ioniq Electric dan Kona Electric merupakan bagian dari banyak lini produk yang telah Hyundai persiapkan untuk Indonesia, yang sejalan dengan visi pemerintahan atas mobilitas masa depan. Kami mengharapkan lebih banyak kolaborasi yang terjadi di industri ini demi melayani tujuan yang sama,” ucap Young Tack Lee, President Director Hyundai Motor Asia Pacific dalam keterangan resmi.

Peluncuran akan dilakukan pada 2020, tanpa menyebut bulannya. Pada 2021, pemerintah akan mulai memberikan insentif bagi mobil listrik mulai dari yang hybrid, plug-in hybrid, hingga 100 persen baterai.

Sebelum mengaspal secara resmi, Hyundai membawa Ioniq dan Kona versi listrik ke kantor Luhut di Jakarta pada Kamis (13/8/2020). Purnawirawan Jendral TNI ini pun melihat langsung kedua mobil yang ramah lingkungan tersebut. Ia mengapresiasi langkah Hyundai berinvestasi mendukung program akselerasi kendaraan berbasis baterai mulai 2021.

“Saya ingin Hyundai menyebarkan pesan kepada para produsen lainnya dari mobil listrik dan baterai, bahwa Indonesia menyambut baik rencana investasi terkait program-program seperti ini. Saya percaya bahwa kita telah berada di jalur yang tepat untuk menyongsong era kemajuan industri di Tanah Air,” tegas dia.

Sekadar mengingatkan, Hyundai saat ini sedang membangun pabrik perakitan di Cikarang, Bekasi. Mereka memiliki komitmen investasi dengan total nilai 1,55 miliar dollar AS hingga 2030 untuk membangun dan meningkatkan kemampuan dari basis produksi pertama Hyundai di ASEAN tersebut.

Pabrik rencananya selesai dibangun pada awal 2021. Setelahnya, akan ada uji coba perakitan hingga produksi massal sesungguhnya pada November tahun tersebut.

Adapun model-model yang bakal dirakit di sana adalah multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), serta sedan. Hyundai juga sedang menjajaki kesempatan memproduksi mobil-mobil listriknya di pabrik Cikarang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar