2 Mobil Listrik Hyundai Meluncur di Indonesia Akhir Pekan Ini

Berita Otomotif

2 Mobil Listrik Hyundai Meluncur di Indonesia Akhir Pekan Ini

JAKARTA – Dua mobil listrik Hyundai siap meluncur di Indonesia. Bahkan, kehadirannya dipastikan tinggal menghitung hari.

Hyundai, melalui surel, mengirimkan undangan peluncuran Ioniq dan Kona EV di Nusantara yang berlangsung pada Jumat (6/11/2020). Introduksi resminya akan dilakukan secara virtual karena pandemi virus Corona (Covid-19) yaitu via akun YouTube Hyundai Motors Indonesia pada pkl.14.00 – 14.30 WIB.

“Saat era baru harus dimulai, Hyundai ingin membebaskan pengendara dari kekhawatiran tentang kerusakan lingkungan dan efisiensi bahan bakar sehingga merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Sebagai game changer  ekosistem mobil listrik murni di Indonesia, kami ingin memperkenalkan teknologi smart eco-friendly melalui Ioniq dan Kona,” tulis mereka di dalam undangan.

Beberapa bulan lalu, kedua mobil listrik tersebut sempat dibawa dan dipertunjukkan di depan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Pada saat itu pula Hyundai terang-terangan mengatakan bahwa keduanya siap meluncur pada 2020.


“Ioniq Electric dan Kona Electric merupakan bagian dari banyak lini produk yang telah Hyundai persiapkan untuk Indonesia,” kata Young Tack Lee, President Director Hyundai Motor Asia Pacific.

Namun, sebelum peluncuran, salah satu model yaitu Ioniq sebenarnya sudah hadir dan bersliweran di sebagian ruas jalan Ibu Kota. Sedan nihil emisi gas buang tersebut digunakan sebagai armada taksi oleh operator taksi online Grab.

Kona EV, di sisi lain, akan melengkapi opsi tipe sport utility vehicle (SUV) kompak itu di Indonesia. Pasalnya, Kona bermesin konvensional hadir terlebih dahulu sejak April 2019.

Kona EV sendiri kelak juga digunakan sebagai armada taksi online Grab. Hyundai Motor Company merupakan salah satu investor di startup yang berbasis di Singapura itu.


Berdasarkan informasi yang didapat Mobil123.com dari tenaga penjual dealer Hyundai, baik Ioniq maupun Kona EV nantinya dijual di angka Rp 600 jutaan. Tanggapan atau konfirmasi dari Hyundai Indonesia.

Hyundai kini juga sedang membangun pabrik di Cikarang, Bekasi. Basis produksi perdana mereka di Asia Tenggara itu akan merakit berbagai model, di antara adalah model-model mobil listrik. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar