Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Civic dan Accord Terbaru Mobil Favorit Maling di Amerika

Berita Otomotif

Honda Civic dan Accord Terbaru Mobil Favorit Maling di Amerika

WASHINGTON D.C – Honda Civic dan Honda Accord generasi termutakhir menjadi dua mobil yang paling diincar para maling di Amerika Serikat (AS).

Data dari National Insurance Crime Bureau (NICB) menunjukkan bahwa setiap tahun terdapat 50 ribu airbag yang dicuri di AS dan para pemilik Honda di negara adikuasa tersebut patut khawatir. Pasalnya, menurut data kepolisian serta riset USA Today akhir pekan ini, mobil-mobil terbaru merek asal Jepang tersebut paling digemari para pencuri airbag di Amerika Serikat.

Fenomena unik sekaligus mencemaskan ini tidak hanya terjadi di satu wilayah saja. Angka pencurian airbag mobil-mobil Honda keluaran terkini dilaporkan meningkat di kota-kota besar yang menjadi pasar utama ‘Negeri Paman Sam’ seperti Miami, New York City, plus Ibu Kota AS Washington D.C.

Maling-maling itu mengambil airbag untuk dijual kembali di toko-toko servis umum atau toko online. Dari sekian banyak model Honda, Civic dan Accord menunjukkan statistik tertinggi.

Para pencuri mengincar airbag karena banderolnya yang tinggi di pasar. Bayangkan saja, harganya kadang bisa mencapai 1.000 dollar AS (Rp 15,20 juta) per airbag.

“Karena profitabilitasnya, komponen ini bisa bisa dicuri dan kemudian dibeli oleh toko servis tak jujur yang akan mengklaimnya sebagai barang baru di hadapan konsumen. Toko ini bakal meminta bayaran seharga barang baru kepada pemilik atau asuransi sehingga menyebabkan insurance fraud,” jelas NIBC.

Kriminal-kriminal itu biasanya menyasar airbag di sisi pengemudi karena permintaannya yang tinggi. Di pasar gelap, airbag curian dijual dengan selisih harga jauh dari harga normal yakni sekitar 200 – 300 dollar AS (Rp 3,04 juta – 4,56 juta) saja.

Sayang, tidak ada penjelasan mengapa mobil-mobil Honda yang menjadi kesukaan pencuri. Honda mengklaim fenomena ini mungkin menjadi bukti kendaraan produksi mereka berkualitas sangat baik. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang