Honda Civic Ini Disulap jadi Monster Hybrid Ganas oleh Mahasiswa

Berita Otomotif

Honda Civic Ini Disulap jadi Monster Hybrid Ganas oleh Mahasiswa

CAROLINA SELATAN - Honda Civic sedan ini berhasil dimodifikasi menjadi sebuah mobil rallycross ganas, yang menarik proyek ini dilakukan oleh sekumpulan mahasiswa bukan modifikator profesional atau tim balap ternama. 

Civic rallycross itu, seperti diwartakan Carscoops pada awal pekan ini, adalah hasil modifikasi 19 mahasiswa Clemson University di Carolina Selatan dengan dukungan langsung dari Honda. Mereka sendiri menyebutnya sebagai Civic ‘Deep Orange 9’.

Proyek modifikasi dimulai dua tahun lalu. Ada dua tujuan utama yang ingin dicapai yaitu membangun mobil dengan performa eksepsional dan membuat emisi gas buangnya lebih sedikit dibandingkan versi standar.

 Banyak aspek yang akhirnya dipermak. Di antaranya adalah penggantian konfigurasi mesin, yang awalnya berada di depan (front-mounted engine), menjadi di tengah (mid-mounted engine).

Sistem penggerak rodanya juga diganti dari depan (front wheel drive) menjadi belakang (rear wheel drive). Sumber tenaga dipercayakan pada  mesin bensin empat silinder 2.0-liter supercharged berdaya 400 hp.

Tim modifikator merasa ini belum cukup. Akhirnya, ditambahkanlah lagi motor listrik bertenaga 200 hp yang menyalurkan daya ke kedua roda depan.

Hasilnya adalah Civic dengan akselerasi 0-100 km/jam dengan waktu hanya 2 detik. Ada pula teknologi Regenerative Braking untuk membantu pengisian daya baterai menggunakan tenaga yang terbuang ketika pengereman.

Pengaplikasian sistem hybrid berdampak pula pada konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Civic rallycross. Efisiensi BBM diklaim tereduksi 30 persen ketimbang Civic standar.

Untuk kaki-kaki, Civic Rallycross mengandalkan Semi-Active Suspension yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan permukaan jalan. Ada juga kaliper rem berwarna hitam.

Tentu saja, tak lengkap rasanya jika tak ada penambahan body kit. Karena itu, dibubuhkan pula flare depan, rear wheel arches, front spliter, sampai fixed rear wing berukuran besar. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar