Honda Ingin Jual Lebih Banyak Pesawat Jet Tahun Depan

Berita Otomotif

Honda Ingin Jual Lebih Banyak Pesawat Jet Tahun Depan

ORLANDO – Honda berambisi menjual lebih banyak lagi pesawat HondaJet pada 2019 dengan pasar Asia sebagai incaran utama.

Honda memang tak hanya bergerak di industri mobil dan sepeda motor. Pabrikan asal Jepang ini juga bermain di industri pesawat terbang serta power product (generator, mesin pemotong rumput, dan lain-lain) sebagai bisnis utama.

Michimasa Fujino, Chief Executive Officer Honda Aircraft Corporation, mengungkapkan target untuk mengirimkan lebih banyak pesawat HondaJet ke pasar pada 2019 dibandingkan tahun ini. Adapun estimasi penjualan jet ringan ini sepanjang 2018, seperti diwartakan Reuters beberapa waktu lalu, adalah 50 unit.

Berdasarkan data General Aviation Manufacturers’ Association (GAMA), pada semester satu kemarin, Honda sudah menerjunkan 17 pesawat ke pasar. Sebagai informasi, pada 2017, divisi dari Honda Motor Corporation ini mendistribusikan 43 HondaJet berkapasitas enam penumpang.

Fujino menjelaskan bahwa secara total mereka telah mengirimkan 92 HondaJet ke pasar sejak awal bisnis hingga detik ini. Sayangnya, ia tidak bersedia mengungkap berapa jumlah pemesanan HondaJet di 10 bulan pertama tahun bershio anjing tanah ini.

Terakhir kali mereka bersedia membukanya adalah pada 2006 dan ketika itu jumlahnya mencapai lebih dari 100 unit.

“Kami punya jumlah inden sangat bagus dan sehat,” ujar dia singkat.

Mereka sendiri pada akkhir Mei kemarin telah memperkenalkan memperkenalkan HondaJet Elite, versi lebih panjang dari pesawat yang ada selama ini. Mereka memperkenalkan pula Performance Package bagi yang ingin meningkatkan performa HondaJet. 

Fujino juga mengatakan bahwa pihaknya mengincar pertumbuhan di pasar Jepang yang menurutnya masih berkembang. Ia juga mengincar pasar China yang kini didominasi pesawat-pesawat berukuran lebih besar dan pemerintahnya sangat ketat mengontrol ruang udara hingga menyulitkan pasar pesawat jet pribadi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar