Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Penampakan 300 Ribu Mobil Diesel yang Dibeli Kembali oleh VW

Berita Otomotif

Penampakan 300 Ribu Mobil Diesel yang Dibeli Kembali oleh VW

CALIFORNIA – Volkswagen (VW) Group menggunakan begitu banyak lahan kosong di Amerika Serikat (AS) sebagai tempat penyimpanan ratusan ribu mobil diesel bermasalah mereka. Kendaraan terparkir dalam jumlah masif sampai menciptakan pemandangan menarik.

VW Group, seperti dikabarkan Reuters pada akhir Maret, telah membayar 7,4 miliar dollar AS atau Rp 101,77 triliun hingga akhir 2017 untuk membeli kembali 335 ribu unit mobil diesel mereka di ‘Negeri Paman Sam’ akibat kasus manipulasi data emisi gas buang. Pabrikan asal Jerman itu telah memarkir hampir 300 ribu di antaranya di 37 tempat penyimpanan.

Tempat-tempat penyimpanan itu memiliki latar belakang beragam, mulai dari stadion football yang telah ditutup di Detroit, bekas pabrik kertas di Minnesota, atau lapangan terbuka superluas di Victorville, California. Sebuah foto yang diambil dari sudut atas di Victorville memperlihatkan mobil-mobil diesel bermerek VW maupun Audi berderet panjang hingga menyerupai semut berbaris.

“Kendaraan-kendaraan ini disimpan sementara dan dirawat secara rutin dengan standar terjaga demi memastikan kualitas serta kemampuannya untuk tetap bisa dioperasikan dalam jangka panjang. Ini agar mobil-mobil tersebut bisa masuk kembali ke pasar atau diekspor, begitu regulator AS menyetujui pengubahan pada produksi emisi gas buangnya,” papar Juru Bicara VW Jeannine Ginivan.

Seperti diketahui, VW Group pada 2015 tersandung skandal manipulasi data emisi gas buang di AS. Salah satu pabrikan terbesar sejagad itu pun telah menyetujui ganti rugi sebesar Rp 343,78 triliun kepada para konsumen, regulator, negara plus dealer di AS.

Uang tersebut termasuk untuk membeli kembali sekitar 500 ribu mobil diesel di negara adikuasa ini hingga akhir 2019. VW Group juga wajib membeli kembali atau memperbaiki 85 persen di antaranya hingga Juni 2019 atau bakal menghadapi denda lebih besar dari negara.

Menurut data terakhir, VW Group sudah membeli kembali 335 ribu unit, menjual ulang 13 ribu unit, plus menghancurkan 28 ribu unit. Hingga akhir 2017, sudah ada 294 ribu unit yang diparkir di berbagai penjuru AS. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang