Harga X-Trail dan Terra Berdekatan, Nissan Yakin Keduanya Tak Saling Ganggu

Berita Otomotif

Harga X-Trail dan Terra Berdekatan, Nissan Yakin Keduanya Tak Saling Ganggu

TANGERANG - Dua sport utility vehicle (SUV) Nissan yaitu X-Trail dan Terra punya harga beririsan. Namun, merek asal Jepang ini meyakini kedua tak bakal saling ganggu, apalagi saling makan.

Nissan bangun dari ‘tidur panjang’ 4 tahun tanpa model baru ada 2018. Hingga kini, mereka sudah merilis antara lain Terra, Serena, All-New Livina, serta X-Trail facelift.

Model yang terakhir disebut baru saja dirilis pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang. Hal itu membuat merek yang menjalin aliansi dengan Renault plus Mitsubishi ini punya SUV lain, selain Terra.

Namun, banderol on-the-road Jakarta keduanya bersenggolan. X-Trail hadir dalam satu varian bermesin bensin 2.5-liter seharga Rp 530 juta. Di sisi lain, Terra punya rentang harga Rp 467 juta - 665 juta bagi keempat tipenya.

Tipe paling berdekatan dengan X-Trail facelift adalah Terra 2.5-liter diesel 4x2 VL AT. Harganya Rp 524 juta.

Namun, Hana Maharani selaku Head of Communication PT. Nissan Motor Indonesia menjelaskan bahwa keduanya punya tipe konsumen berbeda. Diferensiasi ini sesuai dengan perbedaan karakter kedua model.

Perbedaan paling mendasar adalah penggunaan sasis tangga (ladder frame) pada Terra yang membuatnya menjadi SUV yang lebih tangguh di medan non-aspal. Sementara, X-Trail facelift menggunakan sasis monocoque yang nyaman digunakan di perkotaan.

“Desain Terra juga lebih kokoh dan rigid. Kalau X-Trail itu lebih modern dan arahnya ke premium. Keduanya berbeda,” tukas Hana ketika diwawancarai di sela-sela GIIAS 2019.

Sama-Sama Berfitur Canggih
Dengan harga mendekati atau lebih dari setengah miliar rupiah, keduanya sudah dilimpahi fitur-fitur canggih. Nissan menyebut fitur-fitur itu perwujudan visi Nissan Intelligent Mobility.

X-Trail punya ubahan eksterior relatif minim, tapi mengandalkan delapan fitur baru canggih. Selain ada Intelligent Cruise Control, terdapat pula Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Intelligent High Beam Assist, Around View Monitor yang kini dilengkapi lagi oleh Moving Object Detection.

Terra punya Intelligent Rear View Mirror, Intelligent Around View Monitor, Lane Departure Warning, Tire Pressure Monitoring System, Blind Spot Warning, One Touch Tumble, Hill Start Assit, Hill Descent Control, serta pengukur kemiringan mobil. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar