Nissan Terra Masih Kesulitan Lawan Fortuner dan Pajero Sport

Berita Otomotif

Nissan Terra Masih Kesulitan Lawan Fortuner dan Pajero Sport

SEMARANG - Nissan Terra masih perlu berjuang keras melawan dua kompetitornya yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Ada satu strategi yang akhirnya mereka ambil untuk mendorong penjualan kendaraan berfitur canggih plus berkemampuan tangguh ini.

Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) mengakui Terra, sebagai model yang benar-benar baru diciptakan, menghadapi tantangan dalam penjualan. Sport utility vehicle (SUV) ini masih asing di mata konsumen Tanah Air, apalagi dibandingkan dengan Fortuner serta Pajero Sport yang punya rekam jejak lebih lama serta masih menjadi dua acuan utama di segmennya.

“Saya pikir orang-orang belum memahami apa itu Terra. Jadi, saat kami mengatakan ini mirip Fortuner dan Pajero Sport, barulah para konsumen menyadari Terra satu segmen dengan mobil-mobil tersebut. Barulah mereka mengerti,” ucapnya menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive All-New Nissan Livina pada 24 - 25 Juni dengan rute Semarang - Solo - Yogyakarta.

Sekiguchi pun tegas mengatakan belum puas dengan penjualan Terra saat ini. Ia ingin menjual lebih banyak lagi dari angka yang saat ini terpampang di data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

“Sudah sekitar enam bulan sejak kami mulai menjualnya. Terra sudah dipajang hampir 12 bulan lalu dalam pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show, berlangsung pada Agustus) tapi sayangnya kami baru bisa melakukan penjualan mulai Desember. Jadi, kami masih punya banyak pekerjaan rumah dalam membangun awareness dan menggapai konsumen,” tandas dia.

Sebagai informasi, Terra punya empat varian dan salah satu di antaranya berpenggerak 4x4. Menurut data wholesales Gaikindo Januari - April, total penjualan Terra adalah 330 unit.

Honda CR-V dan Fleet
Nissan, menurut Sekiguchi, masih mempelajari dengan seksama detail profil konsumen Terra. Satu hal menarik adalah sebagian di antaranya merupakan konsumen Honda yang mencari mobil lebih besar dari CR-V, sedangkan sebagian lainnya ialah pembeli mobil tambahan yang mencari SUV berukuran cukup besar untuk menaruh barang-barang seperti sepeda.

Pembeli di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya membelinya untuk aktivitas harian dan mereka lebih banyak berjenis kelamin laki-laki daripada perempuan. Di sisi lain, terdapat konsumen korporasi yang memanfaatkan Terra untuk memantau bisnis mereka.

“Konsumen jenis ini umumnya terdapat di Kalimantan dan menggunakannya untuk bisnis oil and gas, mining, serta equipment carrier,” tandas Sekiguchi.

Sektor inilah yang ingin Nissan dalami. Mereka sampai membentuk tim penjualan khusus fleet yang sebelumnya belum pernah dimiliki oleh Nissan Indonesia.

“Kami juga membuat Nissan-Datsun Business Center yang fokus pada bisnis fleet. Semua ini sesuatu yang kami tidak pernah miliki di masa lalu dan sekarang kami bentuk untuk melihat lebih dalam peluang di sektor fleet. Pastinya itu yang menjadi strategi untuk Terra,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support