Harga Bensin Shell Saingan Pertamax Turbo

Berita Otomotif

Harga Bensin Shell Saingan Pertamax Turbo

Harga Bensin Shell Saingan Pertamax Turbo – Shell Indonesia secara resmi menghadirkan produk bahan bakar terbaru yang memiliki nilai oktan 98. Angka tersebut mirip dengan milik Pertamina yakni Pertamax Turbo.

Shell C-Power Nitro+ menjadi salah satu unggulan karena telah menggunakan teknologi Dynaflex. Selain itu, produk baru mereka dikatakan telah menyandang spesifikasi standar Euro4, sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Shell secara global telah menetapkan strategi untuk mempercepat transformasinya, menjadi penyedia produk dan layanan energi yang lebih bersih. Komitmen kami sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia untuk transisi menuju energi yang lebih bersih dan berkelanjutan,” ucap Waqar Siddiqui, Managing Director Shell Mobility Indonesia.

Persaingan Shell dan Pertamina

Shell V-Power Nitro+ sudah mulai tersedia di Maret 2021. Bahan bakar kendaraan ini menjadi pesaing Pertamina yang telah lebih dahulu memasarkan Pertamax Turbo. Keduanya sama-sama menawarkan bahan bakar dengan nilai RON 98.

Bahan bakar beroktan tinggi ini diklaim lebih baik untuk menjaga mesin-mesin Sports Car hingga Supercar. Selain itu, motor-motor jenis Superbike juga diklaim memiliki performa lebih baik dengan bahan bakar jenis ini.

Pertamax Turbo pertama kalinya diluncurkan pada 2016 dan dipasarkan dengan harga sama dengan Pertamax Plus. Pertamax Plus sendiri digantikan Turbo di beberapa kota besar dan perlahan-lahan Turbo akan menjadi pilihan teratas dari Pertamina, kecuali di beberapa daerah.

Karena peruntukkannya mesin-mesin berperforma, maka bahan bakar jenis ini tidak disediakan di pom bensin daerah terpencil. Langkah yang kurang lebih sama diterapkan oleh Shell Indonesia dengan memasarkan V-Power Nitro+ sementara di DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Bandung.
Harga Bensin Shell

“Kehadiran produk baru ini melengkapi portofolio Shell di berbagai segmen bahan bakar. Kami juga melakukan berbagai promosi menarik bagi konsumen Shell V-Power Nitro+ yang memiliki Shell ClubSmart dengan memberikan keuntungan lebih, seperti reward sebesar 3 poin untuk setiap liter pembelian Shell V-Power Nitro+,” ucap Vanda Laura, VP Marketing Shell Mobility Indonesia.

Sebelumnya nilai oktan BBM tertinggi di Indonesia mencapai RON 96. Namun dikatakan para pemilik supercar dan superbike di Tanah Air mengeluhkan, kendaraannya tidak bisa mengeluarkan performa maksimal.

Lebih jauh dikatakan bahwa bahan bakar beroktan 98 mampu melindungi ruang bakar dari terjadinya endapan. Selain seperti dikatakan di atas mampu membuat mesin berperforma mampu mengeluarkan daya maksimalnya.

Shell V-Power Nitro+ disebut-sebut cocok untuk mobil berperforma tinggi dengan rasio kompresi 1:12, sepeda motor berkompresi 1:11, serta kendaraan dengan aktivitas yang memerlukan tenaga dan akselerasi lebih, untuk merasakan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Dalam melakukan inovasi, Shell telah bekerjasama selama lebih dari 70 tahun dengan Ferrari F1 untuk menciptakan bahan bakar terbaik dan berperforma tinggi. Tim Scuderia Ferrari telah menggunakan bahan bakar Shell pada ajang balapan Formula 1. Pada perkembangannya, Shell kemudian menciptakan bahan bakar yang bisa digunakan pada jalan raya yaitu Shell V-Power Nitro+.

Shell di Indonesia

Shell saat ini memiliki kehadiran bisnis hilir yang terintegrasi kuat di Indonesia. Shell merupakan perusahaan migas internasional pertama di Indonesia yang masuk ke bisnis retail bahan bakar minyak.

Saat ini Shell memiliki lebih dari 140 SPBU di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Pada tahun 2006, Shell memulai bisnis Commercial Fuels (bahan bakar komersial), Marine (perkapalan) dan Bitumen (aspal) di Indonesia.

Selain itu Shell menyediakan produk pelumas dan dukungan teknis kepada para pelanggan di sektor industri, transportasi dan pertambangan. Shell juga diakui sebagai perusahaan internasional terkemuka dengan pangsa pasar pelumas terbesar di Indonesia, melayani pengendara motor dan pelanggan industri.

Komitmen Shell untuk berinvestasi di Indonesia dan mendukung perkembangan industri manufaktur di negara ini diwujudkan dengan dibangunnya pabrik pelumas Shell di Marunda, Bekasi dengan kapasitas produksi 136 juta liter (120 ribu ton) pelumas setiap tahunnya.

Rangkaian produk Shell V-Power terbaru lainnya yang akan hadir dalam waktu dekat adalah bahan bakar berkualitas khusus untuk mesin diesel, yakni Shell V-Power Diesel. Produk ini memiliki kandungan sulfur ultra rendah 10ppm sesuai standar Euro5.

Shell Listrik

Tidak hanya menyajikan bahan bakar minyak, perusahaan asal Belanda ini mulai meramaikan perkembangan elektrifikasi di Tanah Air. Pada SPBU Shell Pluit Selatan 1 (Jakarta Utara), mereka juga menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertamanya.

Meskipun masih dalam tahap pengujian, langkah ini cukup adaptif karena pesaingnya yakni Pertamina juga telah melakukan hal yang sama (menghadirkan SPLU).

Pelayanan Shell Recharge pada SPBU Shell Pluit Selatan 1 ini dilakukan dengan menggunakan pasokan listrik dari PT PLN (Persero). Kehadiran Shell EV Recharge ini dikatakan merupakan bukti komitmen kuat, dalam hal selalu mendukung agenda Pemerintah dalam penyediaan energi yang lebih bersih.

Shell Recharge menawarkan pengisian daya 50kW, dengan rata-rata proses pengisian daya dari 0-80% hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melakukan pengisian daya.

Harga bensin Shell di Indonesia

Dikutip dari laman resmi Shell Indonesia, harga bensin Shell Reguler (RON 90) mengalami kenaikan sebesar Rp 1.020 menjadi Rp 10.520. Sementara Shell Super (RON 92) naik dengan jumlah yang sama menjadi Rp. 10.580.

Shell V-Power mengalami kenaikan harga menjadi Rp 11.050 perliter. Lalu Shell Diesel menjadi 10.590. Lalu produk terbarunya yakni Shell V-Power Nitro+ dibanderol RP 11.280 perliternya. Produk terbaru Shell Indonesia ini tidak mengalami kenaikan.

Lokasi

Shell Super

Shell V-Power

Shell Diesel

Shell Regular

Shell Diesel Extra

Shell Vpower Nitro+

JAKARTA

IDR 10,580

IDR 11,050

IDR 10,590

IDR 10,520

N/A

IDR 11,280

BANTEN

IDR 10,580

IDR 11,050

IDR 10,590

IDR 10,520

N/A

IDR 11,280

JAWA BARAT

IDR 10,580

IDR 11,050

IDR 10,590

IDR 10,520

N/A

IDR 11,280

JAWA TIMUR

IDR 10,580

IDR 11,050

N/A

N/A

N/A

N/A

SUMATERA UTARA

IDR 10,810

N/A

N/A

N/A

IDR 10,520

N/A

Harga bensin Shell di Indonesia tersebut merupakan harga yang baru ditetapkan pada 1 April 2021. Sekadar mengingatkan bahwa banderol ini merupakan hasil kenaikan Rp 1.000 dari sebelumnya.

Berbeda dengan Pertamina yang hingga saat ini masih menawarkan bahan bakar dengan harga lebih murah. Hal ini dikarenakan kenaikan yang dilakukan Pertamina terhadap produk-produknya hanya sebesar Rp 200 saja.

Nilai Oktan/RON sesuai untuk mesin mobil apa

Diketahui bahwa semakin rendah nilai oktan, maka semakin lambat prosesnya untuk terbakar di ruang mesin. Sebaliknya, semakin tinggi nilai oktan maka titik bakar lebih tinggi sehingga untuk mesin dengan kompresi besar, akan semakin bagus pembakarannya. Namun nilai oktan yang tinggi dikatakan lebih sulit akan terjadinya penguapan.

Nilai Oktan / RON - Rasio Kompresi Mesin Ideal Penggunaan

  • RON 88 - 7-9 : 1
  • RON 90 - 9-10 : 1
  • RON 92 - 10-11 : 1
  • RON 95 - 11-11.5 : 1
  • RON 98 – 11.5 – 12 : 1

[Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar