Google: Gara-gara Pendemi, Masyarakat Terpaksa Tunda Beli Kendaraan

Berita Otomotif

Google: Gara-gara Pendemi, Masyarakat Terpaksa Tunda Beli Kendaraan

JAKARTA – Google mengeluarkan hasil survei yang memperlihatkan bahwa sebagian besar konsumen otomotif saat ini menunda membeli mobil meski minat tetap tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh Yudistira Adi Nugroho, Industry Manager, Google Indonesia. Dalam paparannya, Ia menyebutkan bahwa saat ini minat membeli mobil tetap tinggi meski berada dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Setidaknya 14% dari koresponden mengaku akan membeli mobil pada bulan ini. Sementara untuk koresponen yang berencana untuk membeli mobil dalam dua hingga enam bulan ke depan mencapai 16%. Selanjutnya, 29% dari responden menegaskan masih menunggu situasi membaik dan 38% lainnya mengaku tidak tahu kapan akan membeli mobil.

“Banyak (koresponden) yang mengatakan bahwa mereka ingin menunggu hingga situasi membaik dan 38 persen dari koresponden belum tahu kapan akan membeli kendaraan namun berencana untuk membeli kendaraan. Dari data tersebut menunjukkan adanya penundaan pembelian kendaraan,” ungkapnya.

Menurutnya, ada banyak hal yang menyebabkan masyarakat menunda pembelian di kondisi pandemi. Salah satunya adalah adanya penurunan pendapatan dan kondisi ekonomi yang kurang baik saat ini. Tak tanggung-tanggung, 60% responden mengaku bajwa pendapatan mereka mengalami penurunan.

“Pembelian mobil adalah salah satu pembelian paling besar di hidup seseorang. Bila kita meminta seseorang untuk membeli kendaraan ketika pendapatan sedang turun, maka itu akan menjadi keputusan yang sangat sulit,” tegasnya.

Namun bukan berarti APM tidak bisa melakukan sesuatu untuk mengatasi tantangan ini. Ada beberapa langkah yang dinilai cukup efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan kendaraan di Indonesia.

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan memberikan beragam promo menarik di tengah pandemi. Paket-paket kredit yang memudahkan masyarakat seperti DP rendah dan cicilan ringan bisa menjadi pilihan.

Selain itu, APM juga harus mulai melakukan penguatan penjualan secara online baik melalui situs resmi maupun dengan menggandeng marketplace. Hal ini karena selama pandemi, jumlah penjualan kendaraan secara online di masa pandemi sudah terbukti efektif.

Salah satunya adalah acara Mobil123 Drive Virtual Expo 2020 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Dalam event tersebut, pengunjung bisa melakukan pendaftaran test drive dan membeli mobil secara online. Langkah tersebut adalah sebuat terobosan yang telah terbukti efektif dalam memudahkan masyarakat membeli kendaraan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar