Fuel Pump Rusak, 940.000 Mobil Daihatsu Kena Recall

Berita Otomotif

Fuel Pump Rusak, 940.000 Mobil Daihatsu Kena Recall

JAKARTA – 940.000 unit mobil Daihatsu terkena recall karena adanya potensi kerusakan pada feul pump kendaraan.

Mobil-mobil yang terkena recall tersebut adalah Daihatsu Xenia produksi Oktober 2017 hingga Juni 2019, Daihatsu Terios produksi Desember 2017 hingga Juni 2019 dan Daihatsu Sirion produksi Januari 2018 hingga September 2019. Dari semuanya, Daihatsu Xenia menjadi model yang paling banyak terkena recall dengan 53.246 unit kendaraan. Posisi kedua adalah Daihatsu Terios dengan 41.152 kendaraan dan Daihatsu Sirion sebanyak 2.891 unit.

Recall ini dilakukan setelah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menemukan terjadinya kasus kerusakan pada beberapa kendaraan Daihatsu. Saat dilakukan investigasi ternyata impeller pada feul pump mengembang melebihi standard.

Daihatsu

“Pada semester pertama tahun 2019 kami menerima 24 pelanggan yang mengeluhkan mesinnya mati atau tersendat. Dari investigasi yang dilakukan, didapati bahwa penyebab kerusakan tersebut disebabkan komponen pada feul pump yang disebut impeller mengembang melebihi standard,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Ada pun pelaksanaan recall ini akan melibatkan sedikitnya 160 bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia. DKI Jakarta menjadi daerah dengan jumlah bengkel terbanyak yaitu mencapai 47 bengkel resmi disusul dengan wilayah Jawa Tmur sebanyak 31 bengkel dan Sumatera 26 bengkel.

Ada beberapa metode yang dapat dilakukan pelanggan untuk melakukan recall ini. Pertama adalah dengan mengunjungi situs resmi daihatsu, atau menghubungi Daihatsu Access 1500898. Pelanggan yang kendaraannya terdampak juga akan dihubungi oleh call center Daihatsu.

Selanjutnya, pelanggan diharapkan untuk melakukan booking ke bengkel resmi untuk melakukan penggantian part dengan waktu pekerjaan sekitar 2 jam. Perlu diketahui bahwa seluruh proses adalah gratis baik itu jasa maupun sparepart.

“Disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu. Karena kalau tidak booking service terlebih dahulu, dikhawatirkan terjadi kepadatan di bengkel dan akibatnya waktu tunggu pun menjadi lebih lama,” tambah Bambang.

Daihatsu pun menegaskan bahwa tidak ada batas waktu untuk melakukan recall ini. Pelanggan bisa datang kapan pun untuk melakukan perbaikan kendaraan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar