Ini Gejala Mobil Daihatsu Harus Segera Ikuti Program Recall

Berita Otomotif

Ini Gejala Mobil Daihatsu Harus Segera Ikuti Program Recall

JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi melakukan recall  terhadap 940.000 unit Xenia, Terios dan Sirion yang disebabkan oleh adanya potensi kerusakan pada feul pump kendaraan.

Recall ini berawal dari 24 keluhan pelanggan yang datang pada semester pertama tahun 2019. Dari jumlah tersebut, kebanyakan konsumen mengeluhkan mesin mobil mati dan sulit untuk dinyalakan kembali. Daihatsu pun akhirnya memutuskan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut.

“Dari hasil investigasi kami, ditemukan bahwa penyebabkan adalah karena fuel pump. Di dalam fuel pum terdapat impeller yang mengembang lebih besar dari standar. Akibatnya, impeller mengalami touching dengan cover motor pump,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Setidaknya ada 4 permasalahan yang disebabkan oleh kerusakan pada kendaraan ini. Yang pertama adalah mesin mati dan sulit untuk dinyalakan kembali, mesin tidak bertenaga, RPM tidak stabil dan indiikator mesin menyala.

“Ada juga yang menyampaikan mesinnya tidak ada tenaga, RPM tidak stabil atau indikator mesin menyala. Namun secara mayoritas yang dikeluhkan adalah mesin tidak menyala dan sulit menyala. Dan itu biasanya terjadi saat parkir di kondisi panas atau menunggu di lampu merah. Perlu menunggu sekitar 5 hingga 10 menit baru mobil bisa hidup kembali,” tambahnya.

Bila mobil dalam keadaan berjalan, maka kondisinya akan sedikit berbeda. Ia mengatakan bahwa mobil akan terasa seperti mengalami kerusakan, kehilangan tenaga kemudian melambat. Setelah itu, mesin pun mati.

Meski saat ini masih dalam keadaan baik, Bambang menyarankan kepada seluruh pelanggan Daihatsu yang terdampak untuk segera melakukan perbaikan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakaan saat sedang berkendara.

Saat ini Daihatsu telah menyiagakan 160 bengkel resmi di seluruh Indonesia untuk melakukan perbaikan ini. Pelanggan juga dipastikan tidak perlu membayar baik untuk jasa maupun sparepart saat melakukan recall.

Untuk prosedur recall, Daihatsu akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masuk ke dalam program ini. Pelanggan juga dapat langsung memastikan secara mandiri apakah mobilnya masuk ke dalam program ini dengan mengunjungi website resmi Daihatsu di www.daihatsu.co.id/recall, dengan memasukan nomor rangka kendaraan. Pelanggan juga dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898.

Pada penggantian komponen ini, pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun. Selain itu, proses penggantian komponen membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Disarankan agar pelanggan melakukan booking service di bengkel terlebih dahulu. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar