Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Microsoft Kembangkan Aplikasi Keselamatan Berkendara dengan Modal Ponsel

Berita Otomotif

Microsoft Kembangkan Aplikasi Keselamatan Berkendara dengan Modal Ponsel

NEW DELHI - Microsoft meluncurkan aplikasi untuk mengajari orang mengemudikan kendaraan yang aman dan hemat tanpa guru sekalipun.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Microsoft Research India dan diberi nama Harnessing AutoMobiles for Safety (HAMS). Aplikasi ini diharapkan bisa membuat berkendara menjadi lebih aman tanpa menyampingkan peran dari pengemudi.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tiga orang pemimpin yaitu Satish Sangameswaran , Principal Research Program Manager, Venkat Padmanabhan, Deputy Managing Director of Microsoft Research India, dan Akshay Nambi, Senior Researcher.

“Di proyek HAMS, kami menggunakan perlengkapan pemgderaan yang murah untuk membuat pengaman virtual kendaraan. Tujuannya adalah untuk memantau keadaan pengemudi dan bagaimana kendaraan dibawa di jalanan. Kami percaya bahwa pemantauan yang efektif dan pemberian feedback merupakan kunci untuk meningkatkan keselamatan berkendara,” ungkap Satish.

Perangkat penginderaan murah tersebut adalah smartphone yang memiliki semua jenis sensor, kamera dan teknologi lain di dalamnya. Smartphone tersebut kemudian dipasang di kaca depan dengan kamera utama menghadap ke jalan.

Dengan ini maka smartphone dapat membaca lingkungan di depannya sementara kamera depan memantau pengemudi. Kemudian, akselerometer di smartphone akan mengumpulkan data berdasarkan reaksi pengemudi terhadap perjalanan. HAMS kemudian akan menginterpresentasikan data untuk memberikan masukan tentang cara mengemudi dengan aman.

Aplikasi ini rencananya akan digunakan untuk perusahaan fleet namun tentu saja masih akan dikembangkan lebih lanjut ke depannya. Bahkah, pengembang HAMS berencana untuk membuat tes mengemudi yang lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan demikian, instruktur saat pengujian bisa dihilangkan fungsinya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang