Teknologi Keselamatan Mobil dengan Harga Terjangkau Daihatsu Disempurnakan

Berita Otomotif

Teknologi Keselamatan Mobil dengan Harga Terjangkau Daihatsu Disempurnakan

TOKYO - Daihatsu Motor Corporation (DMC) menyempurnakna model kei car atau mobil harga terjangkau mereka di Jepang dengan fitur keselamatan terkini.

Sebagai rajanya kei car atau mobil mungil dengan harga terjangkau di Jepang, DMC terus melakukan inovasi terhadap model-model di kelas tersebut. Yang terakhir adalah menawarkan penyempurnaan pada fitur-fitur bagian dari smart assist kei car andalan mereka Daihatsu Tanto.

Sebelumnya Tanto sendiri sudah dilengkapi smart assist dengan 10 fungsi dasar yang menunjang keselamatan. Mulai dari pre-collision warning, pre-collision assist brake, line departure alert, line departure assist, auto high beam, adaptive drive beam, sign recognition, mis-pedal operation control, front departure alert dan corner censor.

10 fungsi dasar ini tentunya sudah terbilang cukup untuk membantu pengemudi dalam berkendara sehari-hari. Apalagi Tanto punya dimensi Tanto yang kompak, rasanya semua potensi kecelakaan dapat direduksi dengan baik.

Tak cukup dengan itu, DMC selanjutnya melakukan pengembangan pada fitur smart assist mereka. 5 fungsi tambahan baru-baru ini diperkenalkan sehingga fitur smart assist Daihatsu menjadi semakin advance. Yang menarik, fungsi-fungsi ini biasanya atau umum ada di mobil-mobil kelas atas, namun Daihatsu berhasil mengembangkannya untuk mobil dengan harga terjangkau.

"Daihatsu berhasil melakukan pengembangan dari fitur smart assist. Sampai hari ini menjadi yang paling lengkap atau canggih di kelas kei car di Jepang," jelas Ryo Kawasaki, Head, Demand & Supply Section Sales Planning Departement Domestic Marketing Division.

5 fungsi tambahan yang dilabeli dengan nama smart assist plus tersebut membuat Tanto semakin canggih. Terdiri dari adaptive cruise control, line keep control, smart panorama parking assist, panorama monitor dan side view light.

Pada titik ini tentunya pengemudi makin diuntungkan, karena berkendara menjadi lebih menyenangkan dan tidak membuat tidak cepat lelah. Karena keempatnya mendukung pengemudi selama berkendara hingga melakukan parkir.

Saat berkendara, hampir separuh kerja pengemudi diambil alih oleh adaptive cruise control. Jika berada di balik kemudi, Anda bisa mengistirahatkan kaki Anda karena perlu terus menerus menginjak pedal gas dan rem.

Anda tinggal melakukan setting sebagaimana mengoperasikan fitur cruice control reguler, atur kecepatan kendaraan dan jarak dengan mobil di depan pada tombol-tombol di sebelah kanan stir. Selanjutnya mobil akan bergerak otomatis, secara otomatis akan menyesuaikan jarak dengan mobil di depan.

Tanpa diperintah mobil akan melakukan pengereman jika mobil di depan melambat dan jaraknya semakin dekat. Jika Anda tidak menginjak  pedal rem, fitur ini akan terus berfungsi. Namun jika pedal rem diinjak, maka sistem akan melakukan reset dan Anda harus melakukan setting ulang.

Selanjutnya line keep control yang memiliki fungsi untuk menjaga mobil tetap di jalurnya. Mungkin sebagain dari Anda sudah familiar dengan fungsi tersebut, setir akan melakukan koreksi secara otomatis jika mobil terdeteksi keluar jalur.

Yang tergolong menarik adalah fungsi smart panorama parking assist, pengemudi hanya perlu menekan rem jika diperlukan saat parkir. Selebihnya mobil akan bergerak otomatis parkir di tempat yang telah ditentukan.

Selanjutnya adalah panorama monitor yang membantu Anda saat bergerak keluar karena dapat mendeteksi kondisi sekeliling mobil dan side view light.

"Perlu diingat, pengemudi bisa memanfaatkan seluruh fungsi-fungsi smart assist plus, namun harus tetap fokus selama berkendara. Karena fitur ini sifatnya hanya membantu atau mendukung bukan menggantikan seperti contohnya pada mobil otonom," tutup Kawasaki. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar