Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

NHTSA Ingin Fitur Smartphone Dikurangi

Berita Otomotif

NHTSA Ingin Fitur Smartphone Dikurangi

CALIFORNIA - Smartphone ditengarai menjadi penyebab pecahnya konsentrasi pengemudi saat berkendara. Untuk itu National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) berniat memperketat regulasi penggunaannya saat berkendara.

Berdasarkan data dari NHTSA, 10 persen dari total 35.092 kecelakaan fatal tahun lalu melibatkan pengendara yang konsentrasinya terpecah. Hasilnya, 3.477 luka parah atau meningkat sembilan persen dibanding tahun 2014. Oleh karena itu, perlu adanya ubahan signifikan, khususnya pada smartphone.

Dilansir dari Carscoops, NHTSA telah mengeluarkan sebuah pedoman baru untuk produsen kendaraan agar mengembangkan perangkat dan aplikasi yang dapat mengurangi gangguan berkendara.

Tak hanya itu, dikabarkan bahwa NHTSA ingin smartphone dapat terhubung dengan sistem infotaiment mobil dan beroperasi melalui sistem tersebut. Selain itu, NHTSA meminta fungsi-fungsi tertentu seperti SMS, browsing internet dan social media dapat terkunci selama berkendara.

Mereka juga menyerukan agar sistem tersebut memiliki mode layaknya ‘Airplane Mode’ atau dibuat lebih ringkas menjadi ‘Driver Mode’. Fungsinya untuk membatasai perangkat agar tidak menggangu konsentrasi mengemudi.

“Pedoman ini dibuat berdasarkan penelitian yang ada dan membantu para desainer perangkat mobile untuk membuat produk terbaik dan dapat meningkatkan konsentrasi pengemudi,” ungkap Anthony Foxx, U.S. Transportation Secretary Anthony Foxx. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang