NHTSA Ingin Fitur Smartphone Dikurangi

Berita Otomotif

NHTSA Ingin Fitur Smartphone Dikurangi

CALIFORNIA - Smartphone ditengarai menjadi penyebab pecahnya konsentrasi pengemudi saat berkendara. Untuk itu National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) berniat memperketat regulasi penggunaannya saat berkendara.

Berdasarkan data dari NHTSA, 10 persen dari total 35.092 kecelakaan fatal tahun lalu melibatkan pengendara yang konsentrasinya terpecah. Hasilnya, 3.477 luka parah atau meningkat sembilan persen dibanding tahun 2014. Oleh karena itu, perlu adanya ubahan signifikan, khususnya pada smartphone.

Dilansir dari Carscoops, NHTSA telah mengeluarkan sebuah pedoman baru untuk produsen kendaraan agar mengembangkan perangkat dan aplikasi yang dapat mengurangi gangguan berkendara.

Tak hanya itu, dikabarkan bahwa NHTSA ingin smartphone dapat terhubung dengan sistem infotaiment mobil dan beroperasi melalui sistem tersebut. Selain itu, NHTSA meminta fungsi-fungsi tertentu seperti SMS, browsing internet dan social media dapat terkunci selama berkendara.

Mereka juga menyerukan agar sistem tersebut memiliki mode layaknya ‘Airplane Mode’ atau dibuat lebih ringkas menjadi ‘Driver Mode’. Fungsinya untuk membatasai perangkat agar tidak menggangu konsentrasi mengemudi.

“Pedoman ini dibuat berdasarkan penelitian yang ada dan membantu para desainer perangkat mobile untuk membuat produk terbaik dan dapat meningkatkan konsentrasi pengemudi,” ungkap Anthony Foxx, U.S. Transportation Secretary Anthony Foxx. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123       
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual