Pabrikan Mobil Vietnam VinFast Diisukan Pakai Mesin dan Platform BMW

Berita Otomotif

Pabrikan Mobil  Vietnam VinFast Diisukan Pakai Mesin dan Platform BMW

PARIS – Pabrikan mobil Vietnam pertama, VinFast, dilaporkan tidak mengembangkan mesin dan platform sendiri melainkan memakai milik pabrikan lain.

Vinfast dalam hitungan jam bakal menggelar debut global dua model pertama mereka. Tak main-main, yang menjadi panggung adalah salah satu pameran otomotif paling bergengsi dunia yaitu Paris Motor Show 2018 pada awal Oktober ini.

Menjelang pameran, VinFast pun, seperti diwartakan Carscoops pada Selasa (2/10/2018), mengumumkan nama dua model mereka. Model sedan kelak dipasarkan dengan nama Lux A2.0, sementara model crossover mengusung nama Lux SA2.0.

Arti nama tersebut sangat minimalis. ‘Lux’ digunakan demi menggambarkan keduanya sebagai kendaraan premium dan mewah.

Adapun ‘A’ merupakan ambisi VinFast untuk selalu memproduksi mobil-mobil dengan kualitas tertinggi. Sementara, ‘S’ dipakai hanya demi membedakan model sedan dengan crossover.

VinFast membeberkan pula bahwa keduanya bakal menyandang mesin bensin 2.0-liter turbocharged. Spesifikasinya belum disebutkan, tapi sumber di Eropa melaporkan bahwa mesin ini diambil dari sistem penggerak BMW N20.

Tak hanya mesin, platform keduanya juga disebut-sebut menggunakan basis mobil BMW. Soal penggunaan platform BMW ini diakui oleh VinFast. Namun, tidak terlihat ada konfirmasi mengenai pemakaian mesin BMW.

Kevin Fischer, Head of Vehicle Engineering VinFast memberitahukan platform BMW bagi Lux A2.0 maupun Lux SA2.0 dimodifikasi lagi agar memperhatikan keamanan dari sisi depan serta samping. Fascia depannya diklaim menyerap tubrukan sehingga mengurangi dampak cedera pejalan kaki, sedangkan bodi kiri-kanan diperkuat untuk melindungi dari benturan samping.

Fischer menerangkan bahwa pihaknya juga menggunakan pemasok-pemasok komponen dari luar semisal Bosch, Magna, Siemens. Dua model pertama mereka sendiri didesain oleh Pininfarina yang selama berpuluh-puluh tahun mendesain banyak supercar Ferrari.

Pininfarina sendiri kini dimiliki oleh Mahindra. Mereka turut pula mendesain model-model kendaraan penumpang dan niaga pabrikan asal India ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar